Kemkominfo Adakan Seminar Manfaat Tanda Tangan Digital Pada Transaksi Elektronik

:


Oleh Jhon Rico, Senin, 5 Desember 2016 | 17:34 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 1K


Tangerang, InfoPublik - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan seminar dan workshop terkait pemanfaatan tanda tangan digital pada transaksi elektronik bertempat di Hotel Novotel Tangerang, Senin (5/12).

Menurut nara sumber Riko Rahmada, tanda tangan digital menggunakan sistem enkripsi asimetris. Di mana sistem ini akan menjaga kerahasiaan (confidentiality) isi pesan dari siapapun yang tidak berhak membacanya. Termasuk menjamin bahwa pesan masih asli atau belum pernah dimanipulasi selama pengiriman.

"Data yang sudah ditandatangani digital tidak bisa dirubah. Ditambahin nol saja tidak bisa. Jika ditambahkan akan erorr. Jadi akan ketahuan kalau data sudah dirubah di tengah jalan," kata dia

Secara garis besar tanda tangan digital adalah sebuah skema matematis yang memiliki keunikan dalam mengidentifikasikan seorang (subjek hukum) di dunia digital. Canggihnya, skema tersebut mampu membuktikan validitas dari tanda tangan tersebut secara online (real time).

Tanda tangan digital digunakan untuk memberikan kekuatan hukum dan akibat hukum yang sah pada dokumen elektronik dan transaksi elektronik. Seperti yang tercantum pada pasal 11 UU ITE. Tanda Tangan Digital dapat menandatangani dokumen PDF dengan menggunakan Adobe Reader DC (free). Sehingga kita dapat membuat dokumen legal digital, tanpa harus menggunakan kertas lagi.

Certification Authority adalah lembaga yang menerbitkan sertifikat digital, menandatangani sertifikat untuk memverifikasi validitasnya dan melacak sertifikat yang telah dicabut atau kedaluwarsa. Pemohon Sertifikat Digital mendaftarkan data pribadinya ke Registration Authority (RA) secara off line atau melalui website RA. Pemohon dapat membuat pasangan kuncinya sendiri atau menggunakan aplikasi yang disediakan oleh website Certification Authority, seperti yang dilakukan pada website pendaftaran sertifikat pada website sivion.