Wisuda XXIX Santri Se Kabupaten Banjar

:


Oleh MC Banjar, Senin, 5 Desember 2016 | 10:20 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 417


Martapura, InfoPublik - Wisuda bagi para santri merupakan suatu penghargaan terhadap prestasi dan keberhasilan yang telah dicapai oleh para santri. Karena mereka telah berhasil menyelesaikan tahapan demi tahapan dalam kegiatan proses belajar baca tulis Al Qur’an di unit mereka masing-masing.

Wisuda juga merupakan pembuktian bahwa mereka telah pandai membaca dan menulis Al Qur’an, oleh sebab itu perlu diberikan penghargaan salah satunya dengan mengabadikannya dengan cara diwisuda sekaligus untuk menjadikan kenangan yang tak terlupakan bagi para santri.

Acara Wisuda Santri TK/TP Al Qur’an XXIX (29) Tahun 2016 se Kabupaten Banjar dilaksanakan di ruang induk Mesjid Agung Al Karomah Martapura, Ahad (4/12), dengan jumlah peserta sebanyak 1.900 santri yang berasal dari 321 unit TK/TPA Al Qur’an di Kabupaten Banjar.  Wisuda Santri TK/TP Al Qur’an XXIX (29) Tahun 2016 se Kabupaten Banjar merupakan  wisuda dengan jumlah peserta terbanyak di Kalsel.

Bupati Banjar H Khalilurrahman yang juga merupakan tokoh ulama di Kabupaten Banjar menyambut gembira dengan acara wisuda santri ini. Ia mengatakan, Al Qur’an merupakan landasan pokok untuk seluruh umat manusia khususnya untuk umat Islam.

“Untuk itu sangat penting bagi umat Islam agar bisa membaca Al Qur’an bahkan mengetahui makna yang terkandung dalam ayat-ayat Al Qur’an. Akan sangat memalukan apabila kita sebagai umat muslim tidak bisa membaca Al Qur’an,"ujarnya.

Lebih lanjut, laki-laki yang akrab disapa Guru Khalil ini meminta kepada para santri yang mengikuti wisuda agar lebih mendalami tata cara membaca Al Qur’an walaupun sudah khatam. Bahkan ia mengimbau kepada para santri agar bisa memahami makna isi kandungan Al Qur’an.

“Al Qur’an itu ada maknanya, bukan terjemahan biasa yang sering kita baca. Perlu pendalaman khusus untu memahami isi Al Qur’an. Kalau kita sudah lancar membaca, makhroj dan tajwid bacaannya benar mari kita tingkatkan untuk memahami isi Al Qur’an, jadi keahlian dan kecintaan kita terhadap Al Qur’an akan semakin meningkat,” tegasnya.

Bupati menambahkan, ia selaku kepala daerah akan berusaha sebaik mungkin agar kesejahteraan para guru TK/TPA Al Qur’an bisa meningkat. Ia sangat menyadari bahwa hasil yang didapat para guru belum sesuai dengan apa yang diharapkan. “Ulun akan berkoordinasi dengan para pejabat ulun dan pihak terkait lainnya agar kesejahteraan para guru TK/TPA Al Qur’an bisa meningkat.

Mudah-mudahan pian bisa bersabar untuk sementara waktu ini, namun ulun yakin apabila kita ikhlas dalam mengajar, memberikan ilmu kepada para anak-anak, apa lagi yang kita ajarkan ini ilmu untuk bisa membaca kitab Allah SWT,  Allah SWT akan membalas jasa bubuhan pian serta memberikan lebih dari apa yang kita harapkan,” tutur Bupati.

Wisuda Santri XXIX se Kabupaten Banjar tahun 20116 kali ini dibarengi dengan peringatan Hari Ulang Tahun Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (BKPRMI) ke 27, sekaligus pelantikan Pembina TK/TP Kecamatan se Kabupaten Banjar.

Selain Bupati Banjar, pada acara ini nampak hadir Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang juga merupakan ketua LPTQ Banjar, Asisten II Setda Banjar H Masruri, Kepala Kemenag Banjar H Muslim, Kadishuminfo Banjar H Aidil Basith, plt Ketua BKPRMI Pusat A Rizkon, Direktur BKPRMI Wilayah Kalsel H Fahrurozi, Ketua TP PKK Banjar Hj Raudathul Wardiah, Wakil Ketua TP PKK Banjar Nur Gita Tiyas, para camat, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Sementara itu, ketua pelaksana Hj Raudathul Wardiah melaporkan hingga tahun 2016 santri TK/TP Al Qur’an berjumlah 24.247 dengan jumlah ustadz dan ustadzah berjumlah 2.274 orang.  Ia mengungkapkan, selama ini para ustadz dan ustadzah selalu berupaya penuh dalam mendidik anak-anak sekaligus mengenalka pendidikan baca tulis Al Qur’an. “Hal yang dilakukan para ustadz dan ustadzah merupakan bukti bahwa mereka berperan ikut serta untuk mensukseskan pembangunan bidang agama yang sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Banjar,” ucap Raudathul.

Pada kesempatan tersebut, Hj Raudathul Wardiah yang juga merupakan Ketua TP PKK Banjar mengucapkan selamat kepada Pembina TK/TP Al Qur’an Kecamatan yang baru saja dikuhkan dan dilantik. Ia menghimbau kepada para pembina di kecamatan dan kepada seluruh pihak agar bisa mendidik anak-anak agar memiliki akhlak yang mulia. (Hum/Fii/welson/Mcbanjar/zay/eyv)