Ketua MPR : Media Massa Adalah Jendela Informasi Rakyat

:


Oleh Wandi, Minggu, 4 Desember 2016 | 20:34 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 1K


Jakarta, InfoPublik - Kepengurusan Koordinatoriat Wartawan Parlemen Periode 2016-2018 terbentuk. Mereka pun menggelar acara Silaturahim Bersama Pimpinan MPR, DPR dan DPD, di ruang Press Room, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Kamis (1/12).

Hadir dalam acara silatuahmi tersebut, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid dan Oesman Sapta, Ketua DPR RI Setya Novanto, Ketua DPD RI Mohammad Saleh, Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono, Ketua Koordinatoriat Wartawan Parlemen Romdony Setiawan dan pengurus serta ratusan awak media massa nasional baik cetak, online dan elektronik.

Kepada para Pimpinan MPR, DPR dan DPD, Ketua Koordinatoriat Wartawan Parlemen Romdony Setiawan mengungkapkan bahwa acara silaturahmi digelar dengan agenda utama perkenalan susunan kepengurusan Koordinatoriat Wartawan Parlemen periode 2016-2018 dengan tema sentral ‘ Kebersamaan dan Rekonsiliasi’.

“Struktur kepengurusaan yang baru ini tersusun dengan mengakomodir semua elemen media massa seperti media cetak, online, dan elektronik.  Visi dan misi kita akan terus mengupayakan kiprah koordinatoriat secara lebih profesional.  Dan kami berharap hubungan baik antara koordinatoriat dengan lembaga MPR, DPR dan DPD makin terjalin erat ke depannya dan kami tidak lupa memberikan apresiasi kepada kepengurusan yang lama yang sangat baik,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan memberikan ucapan selamat kepada kepengurusan Koordinatoriat Wartawan Parlemen yang baru, serta mengapresiasi kiprah kepengurusan yang lama yang juga sangat baik.

“Saya ucapkan selamat kepada teman-teman wartawan pengurus, semoga dengan terpilihnya kepengurusan yang baru, kiprah press room yang baik ke depan akan semakin baik lagi.  Media massa adalah jendela informasi rakyat dengan dukungan profesional dari  media massa maka segala yang MPR, DPR serta DPD lakukan akan sampai kepada masyarakat secara utuh dan baik,” katanya.

Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta berpesan agar media massa memiliki komitmen penuh untuk menyajikan informasi yang dibutuhkan masyarakat, media massa harus berkomitmen kepada rakyat.  
Kiprah media massa sangatlah penting dan strategis, media massa adalah sumber masyarakat mendapatkan informasi terutama di lingkungan parlemen, apalagi rakyat sangat percaya kepada media massa nasional.

“Tapi, jika media massa memberitakan sesuatu yang tidak benar dan di luar kaidah dan etika pers, maka terhadap mereka harus diberikan sangsi yang tegas,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid sangat berharap peran media massa nasional ke depan diharapkan menjaga dengan betul prinsip keadilan untuk semua.  

Ini sangat penting sebab berhubungan dengan profesionaltas wartawan dan kualitas media dan segala informasi dari media massa akan menjadi konsumsi publik secara luas.

“Peran media massa nasional dalam menyampaikan informasi ke publik sangat mempengaruhi eksistensi kinerja lembaga MPR, DPD dan DPD.  Rakyat melalui media massa menajdi memahami segala dinamika yang terjadi di parlemen.  Rakyat memperoleh informasi yang berkualitas tentang segala dinamika yang terjadi di parlemen, itu sangat penting,” tandasnya.