Presiden: Terima Kasih Doa Dipanjatkan untuk Keselamatan Bangsa dan Negara

:


Oleh Yudi Rahmat, Jumat, 2 Desember 2016 | 13:41 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 1K


Jakarta, InfoPublik - Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ikut melaksanakan shalat Jumat bersama para peserta Aksi Super Damai 212 di Silang Monas, Jumat (2/12), sekaligus menyampaikan sambutan usai shalat.

"Bismillahirahmanirahim. Alhamdulillahirabilalamin Washolatu wassalammu'ala asrofil ambiya iwal mursalin wa'ala alihi wasohbihi aj ma'in. Amma ba'du. Yang saya hormati, yang saya muliakan, para ulama, para kiai, para habaib, para ustaz, hadirin hadirat, yang pada siang hari ini hadir. Pertama-tama, terima kasih atas doa dan zikir yang telah dipanjatkan untuk keselamatan bangsa dan negara kita. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar," kata Presiden di atas panggung.

Yang kedua, lanjutnya, Presiden memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya, karena seluruh jemaah yang hadir tertib dalam ketertiban sehingga acaranya semuanya bisa berjalan dengan baik. "Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Sekali lagi terima kasih dan selamat kembali ke tempat asal masing-masing, ke tempat tinggal masing-masing, terima kasih," kata Presiden.

Sebelumnya, di tengah-tengah guyuran hujan deras, Presiden datang sekitar pukul 11.50 WIB. Meski hujan deras turun tidak menyurutkan massa aksi belas Islam III untuk tetap melaksanakan shalat Jumat bersama-sama.

Wapres JK juga ikut menunaikan ibadah shalat Jumat bersama bergabung dengan para peserta aksi demonstrasi damai. Wapres JK sebelumnya mengatakan akan menunaikan ibadah shalat Jumat di Masjid Baiturrahman di kompleks Istana Kepresidenan.

Kepada para wartawan saat akan bersiap diri menuju masjid Baiturrahman, ia mengatakan lapangan Monas sudah penuh oleh para demonstran.

Kemudian saat ditanya apakah Jokowi juga turut serta akan menunaikan ibadah shalat Jumat di masjid Baiturrahman, JK pun hanya menunjuk ke arah masjid di dalam Kompleks Istana Kepresidenan.

Namun tiba-tiba, Presiden Jokowi dan Wapres JK berjalan kaki menuju lapangan Monas melalui pintu gerbang Istana Merdeka di tengah hujan yang tiba-tiba mengguyur. Jokowi dan JK tampak menggunakan kemeja putih dan celana hitam saat akan menunaikan ibadah shalat Jumat.

Sementara itu, berdasarkan pantauan, meski diguyur hujan, jamaah Sholat Jumat tetap khusyuk. Tidak ada jamaah yang bergerak karena hujan. Jamaah menggelar sajadah, koran dan tikar. Sehabis sholat Jumat, jalan yang sempat ditutup dibuka kembali. Kendaraan roda dua sudah bisa lewat.