Bupati Tobasa Darwin Siagian Pimpin Upacara Peringatan Hari Guru Tingkat Kabupaten

:


Oleh Sesmon TB. Butarbutar, Jumat, 2 Desember 2016 | 08:02 WIB - Redaktur: Kusnadi - 560


Balige, InfoPublik - Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN), Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia ke-71, dan HUT KorpriI ke-45 Tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menggelar upacara bertempat di Lapangan Sisimangaraja XII Balige, Selasa (29/11).

Bertindak sebagai pembina upacara Bupati Toba Samosir, Ir. Darwin Siagian, yang diikuti oleh para guru, seluruh perangkat SKPD, anggota TNI POLRI, para pelajar tingkat SD/SMP/SMK/SMA, mahasiswa, dan organisasi kepemudaan Kabupaten Toba Samosir.

Kepada guru, secara khusus Darwin Siagian berpesan kiranya guru di Toba Samosir dapat menjadi guru yang mampu menginspirasi (Inspiring Teacher), yakni guru yang dapat menghasilkan generasi penerus bangsa yang lebih baik lagi.

Bupati Darwin juga berpesan supaya guru dapat menerapkan kedisiplinan mulai dari diri sendiri. “Disiplinlah dari diri sendiri, saat guru sudah disiplin, siswanya akan mengikuti,” pesannya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Darwin menyerahkan hadiah dan piagam penghargaan kepada para pemenang lomba dari beberapa kategori, diantaranya Lomba Cerdas Cermat (LCC) tingkat SD/MI dan SMP, Lomba Pidato Bahasa Inggris tingkat SMA/SMK, dan Lomba Kebersihan Lingkungan Sekolah Tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK se-Kabupaten Tobasa.

Penghargaan juga diberikan kepada para PNS yang memasuki masa Purnabakti Tahun 2016.

Selanjutnya Bupati Darwin, Sekretaris Daerah Drs. Audi Murphy Sitorus melakukan kunjungan ke stand pameran pendidikan tingkat SD/SMP/SMA/SMK Negeri dan Swasta se-Kabupaten Toba Samosir.

Stan pameran ini memberikan informasi kepada para pengunjung atas inovasi yang dilakukan oleh para siswa/i yang memanfaatkan bahan-bahan daur ulang seperti kertas koran/makalah, plastik, kardus dan lain-lainnya hingga menjadi bahan jadi seperti hiasan bunga, keranjang, tempat payung dan maket lampu hias.

Hasil pantuan awak media ini saat rombongan Bupati Tobasa bersama Sekdakab Audi Murphy menuju stand pameran SMA Negeri 2 Balige yang menyajikan berbagai jenis makanan dan minuman sehat olahan para siswa dan guru pembina.

Tampak Bupati Darwin Siagian, Sekdakab Audi Murphy Sitorus dan rombongan lainnya langsung disuguhi makanan nasi goreng, mie goreng dan air minerel oleh para siswa dan guru pembina. "Rasanya enak dan pas dilidah ucap salah seorang anggota rombongan"

Turut hadir dalam upacara tersebut, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Toba Samosir, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Dandim 0210 TU, Kapolres Toba Samosir, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Setdakab, para pimpinan SKPD, Kepala BUMN/BUMD/Swasta, Kepala Instansi Vertikal, Dewan Pendidikan dan PGRI Toba Samosir, dan Kepala UPTD se-Kabupaten Toba Samosir. (BidangKominfo/stb/ft/Kus)