Kementerian PU PR Tanam 100 Pohon di Palembang

:


Oleh MC Kota Palembang, Rabu, 30 November 2016 | 18:45 WIB - Redaktur: Tobari - 335


Palembang, InfoPublik - Memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-70 tahun ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI melaksanakan penanaman pohon serentak di 33 provinsi di Indonesia.

Di Palembang, Sumatera Selatan, penanaman dilakukan Staf Khusus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bidang Sumber Daya Air, Firdaus Ali, Rabu (30/11) di kawasan Jakabaring.

“Untuk hari ini, 300 bibit pohon kita siapkan. Sebanyak 100 bibit pohon kita tanam di sini. Sisanya kita bagikan,” ujar Firdaus, usai secara simbolis melakukan penanaman.

Kementerian PU menargetkan menanam 361.202 pohon di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, sudah ditanam 160.195 pohon. Firdaus mengatakan, penanaman pohon merupakan salah satu upaya menghindari degradasi lingkungan.

Menurut dia, berbagai ancaman sudah mulai dirasakan. Antara lain, pemanasan global, paru-paru bumi yang mulai hilang akibat kurangnya daerah air, serta bencana iklim dan air yang menyebabkan banjir.

Firdaus mengatakan, gerakan menanam pohon saat ini belum seberapa dibandingkan  dengan kian banyaknya pohon yang hilang akibat ditebang, maupun daerah-daerah resapan air yang sudah beralih fungsi.

“Memelihara dan menjaga pohon lebih penting. Tentu saja kesadaran untuk menanam kembali pohon-pohon yang sudah hilang, juga dibutuhkan,” ujar Firdaus.

Ia mengajak generasi muda, terkhusus mahasiswa, berperan aktif di setiap kegiatan menanam pohon. Ini penting untuk menumbuhkan kesadaran mencintai lingkungan, katanya.

Asisten Kesra Pemprov Sumsel Ahmad Najib mengatakan, banyaknya musibah lingkungan yang terjadi saat ini membuktikan kondisi alam kita sudah sangat kritis.

Dibutuhkan bukan hanya aksi menanam saja, namun lebih untuk merawat dan menjaga pohon-pohon yang ditanam tersebut agar dapat bertahan dan tumbuh. Sehingga dapat menjadi penahan air. “Kita sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Kementerian PU ini,” ujar Najib. (MC Palembang/Ria Amelia/Hidayatullah/toeb)