Bupati Banjar Ingatkan ASN Memfokuskan Energi Pada Pelayanan Publik

:


Oleh MC Banjar, Rabu, 30 November 2016 | 11:17 WIB - Redaktur: Kusnadi - 483


Martapura, InfoPublik  - Bupati Banjar H Khalilurrahman mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) untuk memfokuskan energi pada pelayanan publik, yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat, dan setiap anggota Korps Pegawai Negeri Indonesia (Korpri) harus menjadi aset bangsa, yang menjadi bagian dari solusi bangsa, dan bukannya bagian dari masalah bangsa.

Bupati meminta ASN terus  melakukan inovasi-inovasi agar pelayanan publik bisa makin murah, makin cepat, makin akurat, dan makin baik.

“Hilangkan berbagai kendala yang dapat mengurangi produktifitas dan menghambat akselerasi laju pembangunan nasional,“ papar Bupati Banjar pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45 Korps Pegawai Negeri Indonesia (Korpri) di halaman Kantor Bupati Kabupaten Banjar, Selasa (29/11) pagi.

Pada upacara yang diikuti oleh seluruh jajaran Kepala SKPD, pejabat, ASN, serta honorer di lingkungan Pemkab Banjar itu, Bupati Banjar H Khalilurrahman menyampaikan sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo, yang juga selaku penasihat Korpri.

H Khalilurrahman mengatakan bahwa peringatan HUT Korpri ini merupakan bentuk dedikasi anggota Korpri sebagai aparatur yang telah menjadi roda penggerak perubahan bangsa dalam mengubah, mewarnai dan membentuk bangsa ini.

“Indonesia bisa menjadi bangsa pemenang dalam era kompetisi global maka rakyat membutuhkan anggota Korpri yang disiplin, bertanggungjawab, dan berorientasi kerja. Segera tinggalkan pola pikir masa lalu seperti ego sektoral, mental priyayi, mental penguasa, dan mental koruptif, yang hanya terpaku pada formalitas belaka,” jelasnya.

Khalilurrahman menjelaskan, Korpri akan segera bertransformasi menjadi Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI. Dalam bentuk baru itu, fungsi pemerintahan yang diemban berupa pembinaan dan pengembangan profesi Aparatur Sipil Negara, memberikan perlindungan hukum dan advokasi kepada anggota ASN, memberikan rekomendasi terhadap pelanggaran kode etik dan kode perilaku, serta meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Lebih jauh Bupati Banjar menyampaikan harapan Presiden, Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI menjadi pusat inovasi dan tempat lahirnya loncatan-loncatan kemajuan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pemerintahan, Koprs berperan menjaga kode etik profesi, standar pelayanan profesi dan mewujudkan Jiwa Korps Aparatur Sipil Negara sebagai pemersatu bangsa.

Usai pelaksanaan upacara, Bupati Banjar H Khalilurrahman didampingi Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur menyerahkan penganugerahan gelar tanda jasa dan tanda kehormatan berupa piagam dan medali Satya Lencana Karya Satya (SLKS) untuk X, XX dan XXX Tahun 2016 kepada sebanyak 561 orang yang telah diterbitkan dari Kementerian Dalam Negeri. Pada tanggal 17 Agustus 2016 lalu, telah diserahkan kepada sebanyak 12 orang. Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Korpri ke-45 Tahun 2016 diserahkan kepada sebanyak 549 orang.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Banjar juga menyerahkan piagam penghargaan dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati kepada Kepala Dinas BPKAD Banjar H Ibrahim G Intan atas keberhasilan Pemkab Banjar menyusun dan menyajikan laporan keuangan Tahun 2015 dengan capaian standar tertinggi dan akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah.

Dan diserahkan penghargaan untuk Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Banjar atas keberhasilannya sebagai Pemda terbaik dalam implementasi Sitem Informasi Kredit Program (SIKP) periode semester I Tahun 2016.(Hum/Mcbanjar/zay/Kus)