Kemenpora Terima Delegasi China Guangxi IYEI

:


Oleh Astra Desita, Selasa, 29 November 2016 | 09:40 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 940


Jakarta, InfoPublik - Kemenpora melalui Asdep Kemitraan dan Penghargaan Pemuda Wisler Manalu menerima delegasi China Guangxi International Youth Exchange Institute Mr Weng Hua bersama beberapa rombongan.

Mereka diterima di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (28/11) malam. Turut hadir Kabid Kemitraan Luar Negeri Mirhan Tabrani, Kabid Promosi dan Penghargaan Pemuda Yudistira, Kasubid Multilateral Ratih Usmawati dan Dosen UI Roy Darmawan

Menurutnya kunjungan delegasi China ini untuk melihat perkembangan program-program yang selama ini telah terselenggara di kedua negara. "Kunjungan mereka ini juga termasuk bertemu dengan para alumni mereka yang kemudian meminta masukan kita untuk perbaikan-perbaikan program kedepan termasuk juga kunjungan kehormatan ke Kemenpora sebagai ungkapan terima kasih," ujarnya.

China menurutnya, melihat potensi pemuda Indonesia luar biasa, ke depan pihaknya akan tetap meningkatkan program-program termasuk tematik-tematik kegiatan seperti kewirausahaan, pengembangan minat dan keterampilan antara pemuda Indonesia dan China.

"Di Indonesia sendiri wujud kepedulian pemerintah tercermin dari telah lahirnya Undang-Undang Kepemudaan dan Undang-Undang Keolahragaan," ucap Wisler.

Jumlah pemuda Indonesia hingga tahun 2015 usia 16 hingga 30 tahun sebanyak 63 juta jiwa hal ini merupakan bentuk dari bonus demografi yang memiliki potensi luar biasa bagi Indonesia apabila di urus dengan benar. Banyak pemuda Indonesia yang sedang belajar di China dan sebaliknya, kerja sama yang telah terjalin akan mampu menguatkan kedua negara untuk meningkatkan potensi di berbagai sektor.

 "Pemuda-pemuda ini adalah harapan kami untuk menjadi pemimpin di masa depan dan mampu mengisi pembangunan-pembangunan di segala bidang," harapnya.

Salah satu delegasi China Mr Chen Shenghui selaku dosen China Guangxi IYEI mengucapkan terima kasih atas keramah-tamahan yang diberikan pihak Kemenpora.

"Kami menangani kerja sama pertukaran pemuda ini sejak tahun 2002, ketika kami berinteraksi kami merasakan kedekatan hati, delegasi Indonesia tidak hanya dari Kemenpora dan Kemenlu tetapi ada dari banyak organisasi kepemudaan, para delegasi China bisa melihat betapa bagusnya delegasi dari Indonesia," kenangnya.

Delegasi Indonesia di China waktu itu kami minta untuk saling bertukar informasi tentang semua unsur kehidupan di masing-masing negara, semakin dekat hubungan maka terjalinnya kerja sama kedua negara akan semakin baik dan bagi kami jelas betapa pentingnya kerja sama kedua pihak terutama di bidang pemuda, ucap Chen.

Pemerintah China berharap hubungan kepemudaan kedua negara semakin erat karena dampaknya akan mampu membantu mengurangi masalah-masalah politis di kedua negara.

"Melalui program pertukaran ini akan memberikan kesempatan kami melihat betapa indahnya Indonesia, melalui lagu-lagu daerahnya, penampilan kebudayaan dan lain sebagainya, kami terkesan semangat dan kerja sama serta inovasi yang dikenalkan Indonesia," pungkasnya.