Dishut Enrekang Bentuk Tim URC Antisipasi Kebakaran Hutan

:


Oleh Admin MC Enrekang, Minggu, 27 November 2016 | 17:38 WIB - Redaktur: Tobari - 336


Enrekang, InfoPublik - Dinas Kehutanan Kabupaten Enrekang membuat solusi pencegahan kebakaran hutan dan lahan, dengan membentuk tim Unit Reaksi Cepat (URC). Tim itu dikukuhkan Bupati Enrekang Muslimin Bando, di Resting House Kotu, Bamba Puang Kecamatan Anggeraja, Jum’at (25/11/).

Tim reaksi cepat ini lebih difokuskan mengikutsertakan warga, karena mereka lah yang paling berdekatan langsung dengan hutan atau lahan. Antisipasi awal diharapkan juga tercipta dari warga sendiri.

Selain pengukuhan, juga digelar simulasi pemadaman kebakaran hutan. Simulasi tersebut melibatkan Damkar Enrekang dan perwakilan warga dari semua desa.

"Selain pengukuhan, kita juga menggelar latihan atau simulasi pemadaman api jika terjadi di lahan atau hutan. Ini dilakukan agar kebakaran hutan bisa dicegah semaksimal mungkin," kata Kadis Kehutanan Mursalim Bagenda, selaku pelaksana.

Saat memasuki musim kemarau, kebakaran hutan dan lahan kerap terjadi di wilayah Kabupaten Enrekang. Tahun 2015, data yang diperoleh dari BPBD Enrekang mencatat, kurang lebih 50 kasus kebakaran lahan dan hutan terjadi. (Mc Enrekang/toeb)