Terminal Internasional Bandara Hussein Sastranegara Bandung Siap Beroperasi 2017

:


Oleh Dian Thenniarti, Sabtu, 26 November 2016 | 22:47 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 474


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Perhubungan menargetkan, pembangunan terminal penumpang internasional Bandara Hussein Sastranegara Bandung akan selesai dan mulai beroperasi pada Januari 2017.

"Target beroperasi 2 Januari 2017," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, akhir pekan (26/11).

Seperti diketahui, PT Angkasa Pura II (Persero) tengah mengembangkan terminal penumpang internasional Bandara Hussein Sastranegara Bandung, dan progres pengembangannya saat ini telah mencapai 97 persen.

Nantinya terminal internasional yang akan dioperasikan pada Januari 2017 ini akan memiliki kapasitas satu juta penumpang per tahun. Sebelumnya jumlah penumpang internasional mencapai dari 600 ribu penumpang per tahun. 

Dikatakan Menhub Budi Karya, Bandung telah menjadi destinasi wisata baik wisatawan dari dalam maupun luar negeri. "Jumlah wisatawan ke Bandung beberapa tahun lalu belum sampai dua juta, sekarang sudah 3,4 juta, ini sangat menggembirakan," katanya.

Lanjutnya, saat ini Bandara Hussein Sastranegara melayani tiga rute penerbangan internasional antara lain ke Johor, Kuala Lumpur, dan Singapura. 

Menhub Budi meminta kepada pengelola Bandara untuk membuka rute penerbangan ke Bangkok, Thailand guna membuka konektivitas internasional.

"Saya minta (buka rute) ke Bangkok, nanti kalau sudah Bangkok mana lagi negara yang mungkin, kita ingin sekali semua tujuan destinasi wisata punya konektivitas dengan internasional tidak saja nasional, sehingga bisa mengembangkan pariwista di Bandung," ujarnya.

Menhub Budi berharap pemerintah daerah maupun PT Angkasa Pura terus mendukung kemajuan dan perkembangan pariwisata khususnya di Bandung.