Ratusan Ranmor Ditilang Polantas SumenepDi Operasi Zebra Semeru

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Jumat, 25 November 2016 | 19:22 WIB - Redaktur: Tobari - 947


Sumenep, InfoPublik -  Ratusan unit kendaraan bermotor (ranmor) baik roda dua maupun roda empat ditilang oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sumenep, Madura, Jawa Timur, saat operasi zebra semeru 2016.

"Ada sekitar 900 ranmor yang kami tilang. Rata-rata melanggar rambu-rambu dan tidak membawa surat-surat," kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Sumenep Iptu Rizal Nugra Wijaya, SIK, Jum’at (25/11).

Operasi zebra semeru 2016 ini berlangsung sejak tanggal 16 sampai 29 November 2016. Dari 900 tilang yang dikeluarkan, sekitar 60% para pengendara melanggar rambu-rambu lalin seperti menerobos lampu merah dan parkir sembarangan.

"Ada juga pengendara yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), dan tidak memakai sabuk pengaman bagi pengendara R-4. Karena melanggar ya kita tilang," ujarnya.

Ia menuturkan, operasi zebra tersebut lebih banyak dilaksanakan di bagian Kota saja. Petugas menyebar di sejumlah lokasi yang rawan terjadi kecelakaan maupun pelanggaran lalu lintas.

"Kita mengedepankan pelaksanaan operasi zebra di daerah rawan laka lantas di kawasan Kota. Dan petugas juga mengedepankan upaya preventif serta edukatif kepada pengendara," sambungnya.

Di samping itu, Rizal juga mengimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kesadaran berlalu lintas guna mengurangi angka kecelakaan.

Menurutnya, ketertiban berlalu lintas merupakan cermin budaya tertib masyarakat Indonesia. ( Nita/Fer/toeb)