Dinas KP2K Targetkan 2019 Pertanian Batam Terpusat Di Pulau-Pulau

:


Oleh MC Kota Batam, Rabu, 23 November 2016 | 14:44 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 278


Batam, InfoPublik  - Pemerintah Kota Batam menargetkan pertanian Batam akan pindah disuatu pulau pada 2019 mendatang. Dinas terkait sudah mengagendakan kajian pulau mana yang layak dijadikan lahan pertanian tahun depan.

Kepala Dinas Kelautan, Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (KP2K) Kota Batam Suhartini menuturkan, beberapa pulau yang akan dikaji, seperti Air Raja, Subang Mas, Pulau Lumba dan Pulau Kimun. Pihaknya akan melakukan evaluasi kembali setelah kejadian berjalan.

"Kita baru persiapkan 2017. Saat ini, kita screening awal. Mudah-mudahan awal februari atau maret (2017) sudah mulai jalan, bangun DED. Termasuk pengaggarannya dari mana saja, apakah kota, provinsi atau melalui APBN,"ujar Suhartini, Rabu (23/11).

Kesiapan yang dibutuhkan bukan hanya persolan lahan. Namun juga menyangkut infrastruktur jalan, pelabuhan, kapal angkutan, perumahan, sekolah dan lain sebagainya. "Jika kajian 2017 selesai, maka 2018 siapkan infrastruktur seperti pelabuhan pembangunan sarana prasarana. Termasuk sekolah, kan anak-anak petani juga sekolah. Dengan demikian, 2019 bisa mulai,"katanya.

Suhartini meyakini, pemindahan petani tidak cukup dalam satu pulau. Ini perlu secara bertahap. Bila,pemindahan tahap pertama misalnya, 300 orang, maka setidaknya dibutuhkan lahan sekitar 500 hektar.

"Di data kita ada sekitar 700 orang atau sekitar 70 kelompok tani. nanti petani, di sana menanam khusus tanaman dataran rendah. Seperti timun, cabe, bawang dan lain sebagainya. Tanaman yang tahan terhadap transportasi. Sementara seperti bayam, kangkung kita coba pertahankan lahan yang tersisa di pulau Batam,"ujarnya.

Walikota Batam HM Rudi menginginkan pulau itu berada ditengah. Dengan demikian, akses diberbagai deerah lain dapat terjangkau dengan mudah.

"Pulau - pulau cari tengah-tengah. kajianya 2017 pertengahan mudah-mudahan sudah ada. Kita bangun yang pertama, airnya harus bagus, tanahnya juga. Hal itu agar petani gak ngeluh lagi kita. Untuk itu, harus ada kajian,"katanya.Rudi memastikan, pemindahan tersebut akan bersifat permanen. Tidak ada lagi ketakutan petani akan adanya penggusuran. "Kita lagi dudukkan legalitas. Transport laut harus di siapkan,"katanya. (MC.Batam /Taslimahudin/Eyv)