Inspektrorat Kota Padang Gelar Bimtek Untuk APIP

:


Oleh MC Kota Padang, Rabu, 23 November 2016 | 14:53 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 783


Padang, InfoPublik - Inspektorat sebagai aparat pengawasan  harus memiliki kompetensi yang tinggi, kemampuan, propfesional dalam bekerja dan berdedikasi baik.

Peran Aparat Internal Pemerintah (APIP)  khususnya inspektorat  telah mengalami pergeseran  paradigma  dari pernan watch dog (sekedar mencari-cari  kesalahan) bergeser menjadi lebih fokus pada pada unsur pembinaan  yang bersifat Preventive (pencegahan), counsultative (penasehat) dan quality assurance, pada program-pragram  strategis yang mempunyai resiko tinggi terhadap penyimpangan, early warning systems, pendampingan dan pembinaan.

Demikian pernyataan tersebut disampaikan Sekda Kota Padang Ir. Asnel diwakili Asisten II  Ir. Coory Saidan pada pembukaan bimtek “Reviu Renca Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD) dan Perhitungan Fisik Bangunan  di Lingkungan Inspektorat  Kota Padang, di hotel Pangeran City, “tuturnya, Rabu (23/11).

"APIP pemerintah seyogyanya mampu membawa dalam mencapai nilai , tujuan  dan sasaran utama melalui proses Quality Assurance. Keterlibatan APIP mengarahkan manajemen dalam mengelola organisasi, sehingga dapat menghasilkan Long-Term Values (Nilai-nilai jangka panjang)  bagi organisasi pada area tata kelola, resiko, dan pengendalian dengan sudut pandang oversight (Kelalaian) insight ( wawasan) dan foresight (tujuan ke masa depan), khususnya  dalam rangka  mengawal  kebijakan  dan kegiatan penyelnggaraan  pemerintahan  secara keseluruhan,"sebut Corry Saidan.

Kegiatan pelaksanaan  dijamin sesuai dengan spesifikasi  yang telah ditentukan, baik bersifar substansi maupun nilai –nilai yang bersifat prosedural. Reviu dokumen rencana pembangunan dan anggaran tahunan daerah penelaahan  atas penyusunan dokumen rencana pembangunan tahunan yaitu RKPD (Dokumen pelaksanaan  atau penjabaran dari RPJMD) dan renja –SKPD.   

Dokumen anggaran tahunan daerah yaitu KUA, PPAS dan RKA-SKPD oleh APIP  yang kompeten untuk memberikan keyakinan terbatas  bahwa dokumen perencanaan  dan penganggaran  telah disusun  berdasarkan kaidah-kaidah yang ditetapkan.

Sekaligus dalam upaya membantu kepala daerah untuk menghasilkan dokumen APBD yang berkualitas untuk mencapai prioritas  dan sasaran  pembangunan tahunan dalam rangka mewujudkan visi dan misi pembangunan jangka menengah.

Jadi, kata Corry Saidan dilaksanakannya reviu rencana kerja pemerintah daerah (RKPD)  dan perhitungan fisik bangunan diharapkan, dapat meningkatkan kualitas APBD yang mematuhi kaidah-kaidah perencanaan dan penganggaran sebagai Quality Assurance . Sejalan dengan itu agar mempunyai wawasan yang utuh terutama dibidang reviu RKPD dan perhitungan fisik bangunan.

Kepala  Inspektorat Kota Padang sekaligus sebagai penitia pelaksana Andri Yulika, SH, M.Hum mengatakan  Bimtek bertujuan menungkatkan pengetahuan APIp dibidang reviu RPJMN dan renstra SKPD dan perhitungan fisik bangunan. Memberikan pemecahan masalah dengan landasan hukum yang kuat. Peserta bimtek APIP di lingkungan Inspektorat kota Padang diselenggarakan du hari, Rabu dan kamis (22-23/11) di hotel p[angeran City.

Materi , reviu dokumen RPJMD dan resnstra SKPD, nara sumber dari inspektorat jenderal kementerian dalam negeri.Perhitungan fisik bangunan dengan nara sumber dari konsultan perencana Sumbar. Untuk itu diharapkan kepada seluruh peserta agar mengikutinya dengan baik. Jika kurang jelas tanyakan, sehingga bisa memahaminya.  -*- mcpadang/Irwandi Rais/ Bustam.(MC.Kota Batam/Eyv)