Gerakan Pramuka Dalam Membangun Karakter Generasi Muda

:


Oleh MC Prov Jambi, Selasa, 22 November 2016 | 10:01 WIB - Redaktur: Tobari - 971


Muaro Jambi, InfoPublik - Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H. Ridham Priskap, SH,MH,MM berharap melalui kegiatan Raimuna Daerah Jambi 2016 dapat menginspirasi anggota pramuka di seluruh kabupaten/kota ke arah yang lebih konstruktif dan edukatif, dengan cara-cara yang elbih inovatif.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka secara resmi Raimuna Daerah 2016 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Jambi, yang diselengarakan di Bupeta Abdurrahman Sayoeti-Musa Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi, Senin (21/11) sore.

“Pada sisi lain, melalui Raimuna juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya gerakan pramuka dalam membangun karakter generasi muda yang tangguh dan kuat,” kata Sekda.

Meskipun kegiatan Raimuna Daerah Tahun 2016 ini merupakan kegiatan rutin empat tahunan yang diagendakan secara berkala, namun dirinya mengharapkan agar Raimuna ini tidak hanya dijadikan sebagai kegiatan rutinitas belaka.

Melainkan harus dapat dijadikan moment berharga untuk mengukur pencapaian target yang telah ditetapkan, sehingga dapat dijadikan barometer untuk mengukur keberhasilan Gerakan Pramuka di Provinsi Jambi.

Kita sangat bangga apabila generasi muda kita memiliki karakter, berpengetahuan dan berketerampilan, agar kelak tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus yang akan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang unggul.

“Untuk menjadi bangsa yang unggul, kita harus memiliki tiga modal dasar, yaitu harus makin mandiri, harus berdaya saing, dan memiliki peradaban yang luhur. Apa-apa yang diajarkan dalam kegiatan kepramukaan ini, sesungguhnya ditujukan untuk membentuk tiga modal dasar tadi,” papar Sekda.

Sekda juga menambahkan bahwa dengan menyadari akan pentingnya peranan Gerakan Pramuka dalam proses pembangunan generasi muda yang berkualitas, maka ia mengajak semua elemen masyarakat dengan dengan niat yang suci bersama-sama dengan pemerintah bergandengan tangan untuk memajukan Gerakan Pramuka di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah yang dicintai ini.

“Generasi muda yang sehat dan cerdas merupakan modal utama untuk mewujudkan Provinsi Jambi yang Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil dan Sejahtera atau Jambi TUNTAS Tahun 2021,” kata Sekda.

Upacara Pembukaan Raimuna Daerah Jambi 2016 yang diikuti oleh sekitar 803 orang peserta dari kabupaten/kota se-Provinsi Jambi ini, ditandai dengan pemukulan gong dan penyematan tanda peserta oleh Sekda Provinsi Jambi H. Rihdam Priskap dengan didampingi oleh Ketua Kwartir Daerah Pramuka Jambi beserta pejabat yang hadir.

Turut hadir dalam acara ini Ketua DPRD Provinsi Jambi, para anggota Majelis Pembimbing Daerah dan Cabang Pramuka se-Provinsi Jambi, Ketua Kwartir Daerah Pramuka Jambi, para Kepala SKPD selaku anggota Mabida Gerakan Pramuka Jambi, para Andalan dan Pembantu Andalan Daerah, para pimpinan Satuan Karya Pramuka, Pelatih dan Pembina Pramuka serta para undangan lainnya. (MC.Humas Prov Jambi/toeb)