Blora Ikut Forum Temu Bakohumas Dan Komunitas Tingkat Nasional

:


Oleh MC Kabupaten Blora, Jumat, 18 November 2016 | 08:20 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 347


Blora, InfoPublik - Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Kabupaten Blora mengikuti kegiatan Forum Temu Bakohumas dan Komunitas tingkat Nasional di Hotel Harris Bandung, 17-19 November 2016. Tujuan diselenggarakan kegiatan itu untuk melaksanakan fungsi government public relation (GPR) terkait nawacita. Sekitar 900 peserta dari berbagai bidang hadir mengikuti acara tersebut.   

"Peserta dari seluruh Indonesia  yang terdiri dari humas, kominfo, perguruan tinggi, BUMN/BUMD. Tujuannya untuk melaksanakn fungsi GPR (government public relation) terkait nawacita dan komunitas untuk disebarluaskan ke masyarakat, mendorong mitra strategis fungsi kehumasan, diseminasi informasi, mensosialisasikn program pemerintah pusat dan daerah serta terpenuhinya hak informasi," ujar Samedi Djoko Waspodo, Sekretariat Bakohumas Kabupaten Blora, Jumat (18/11).

Kehumasan, menurut dia, memiliki peran penting. Mengakselarasi pembangunn untuk diketahui masyarakat dan menghadirkn info bagi masyarakat.

Dijelaskan lebih lanjut, humas pemerintah memliki fungsi vital agar dapat menjembatani pemerintah dan masyarakat sehingga pemerintahan dapat merumuskan apa yang terbaik bagi masyarakatnya.

“Humas sebagai fungsi publikasi dapat membangun atensi besar dari masyarakat, jika 50 persen lebih jumlah penduduk dewasa dapat mengetahui apa yang dilakukan pemerintah maka dapat dikatakan humas itu berhasil," katanya.

Menghumaskan atau memediakn harus memiliki target sehingga menurutnya hasil positif yang dilakukan pemerintah harus dipublikasikan untuk membangun trust (kepercayaan) dari masyarakat.

Ia mengatakan, selain dihadiri oleh Menteri Desa PDT dan Transmigrasi, Eko Putro Sanjoyo, juga Video conference Menteri Kominfo, Rudiantara selaku Pembina Bakohumas. (MC Kab. Blora / guh/eyv)