Apel Kebhinekaan Meningkatkan Semangat Kebangsaan Dan Nasionalislme

:


Oleh MC Kabupaten Maluku Tenggara, Rabu, 16 November 2016 | 14:51 WIB - Redaktur: Tobari - 360


Langgur, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menggelar Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai, di Stadion Maren, Langgur Maluku Tenggara, Selasa (15/11), untuk meningkatkan semangat Kebangsaan dan Nasionalisme.

Bupati Maluku Tenggara Anderias Rentanubun, dalam sambutannya, mengatakan melalui momentum Hari Pahlawan, semua pihak mestinya terus meningkatkan jiwa patriotisme, semangat kebhinekaan serta mengukuhkan semangat persatuan dan kesatuan guna membangun bangsa dan daerah.

Dikatakan sebagai bagian dari wilayah NKRI, serta memiliki karakteristik penduduk yang majemuk tentunya tidak terlepas dari tantangan besar yang harus dihadapi mulai dari kemiskinan, ketimpangan sosial, dan pengangguran.

Menurut Rentanubun, perkembangan kondisi keamanan dan ketertiban nasional saat ini memberikan pelajaran berharga kepada semua pihak, bahwa apapun permasalahan dan tantangan yang dihadapi, keterpaduan antar seluruh komponen bangsa menjadi instrumen yang utama.

Masyarakat Maluku Tenggara yang dikenal sebagai masyarakat yang religius kultural, falsafah ain ni ain telah terbukti menjadi pilar utama tumbuhnya partisipasi masyarakat Maluku Tenggara dalam pembangunan kehidupan kekeluargaan masyarakat Kei yang harmoni dan toleran.

Dijelaskan Rentanubun, dalam konteks kehidupan demokrasi, pemerintah telah memberikan ruang luas bagi setiap komponen untuk mengeluarkan pendapat dan menyalurkan aspirasinya.

“Namun hendaklah pada jalur yang tepat dan dibenarkan oleh ketentuan, serta tidak bersinggungan dengan ranah suku, agama, Ras dan antar golongan,” katanya.

Bupati Malra juga mengucapkan terima kasih kepada tokoh agama, tokoh adat dan organisasi masyarakat lainnya atas kontribusi dan perannya selama ini dalam menyejukkan suasana kehidupan masyarakat Maluku Tenggara.

Dirinya berharap, agar generasi muda dengan kemajuan teknologi informasi, lewat media-media sosial dapat membantu pemerintah daerah, untuk menyebarkan pesan-pesan kedamaian. Janganlah media-media sosial dipergunakan untuk hal-hal yang menghasut apalagi mencela, merendahkan, menjelekkan orang lain.

acara Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai ini dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Malra, pejabat yang mewakili Walikota Tual, tokoh Agama, para Rat/Raja Ur Siu dan Lor Lim di Kepulauan Kei, dan OKP Kabupaten Malra dan Kota Tual unsur SKPD, para guru, dan para pelajar.

Selain itu pada kegiatan tersebut diisi dengan penandatanganan Deklarasi Bersama menjaga kerukunan dalam kebhinekaan di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual oleh Pemkab Malra, Pemkot Tual, Ketua DPRD Kabupaten Malra, DanLanud Dumatubun Langgur, Dandim 1503 Malra, DanLanal Tual, Kapolres Malra, Ketua MUI Malra, Wakil Uskup,  Ketua Klasis Kei Kecil, Ketua NU Malra, Ketua Muhammadiyah Malra, KNPI Kab.Malra, KNPI Kota Tual. (MC Malra/semuel/toeb)