Jangan Berteduh Di Bawah Pohon

:


Oleh MC Kota Palembang, Selasa, 15 November 2016 | 09:08 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 528


Palembang, InfoPublik - Masyarakat di Palembang diimbau tidak berteduh di bawah pohon saat hujan disertai angin kencang.

“Khawatirnya pohon bisa tumbang. Terutama pohon-pohon besar di pinggir jalan,” ujar Kepala Dinas Penerangan Jalan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Palembang, Edison, melalui Kepala Bidang Pertamanan Asmuandi, Minggu (13/11).

Palembang saat ini memasuki musim penghujan secara intens. Hujan kerap kali disertai angin kencang. Di kota ini juga banyak pohon tua dan besar.“Pohon-pohon besar itu banyak di Jalan Kartini, Dr Cipto di sana pohonnya besar dan rindang,” ujar Asmuandi.

Ia juga mengimbau pemilik kendaraan tidak memarkir kendaraan di bawah pohon. “Kita tidak bisa mengganti kerugian warga jika kendaraannya tertimpa pohon. Belum ada asuransi yang menkover.”

Untuk perawatan pohon-pohon besar, Asmuandi menambahkan, pihaknya selalu merapikan dan memangkas dahan pohon-pohon yang sudah rimbun dan mengganggu.

Saat ini pun, melalui gerakan sejuta pohon, regenerasi pohon-pohon mulai dilakukan. Penanaman pohon-pohon dilakukan dari sepanjang bandara sampai Jakabaring.

“Nantinya, pohon sudah tumbuh besar dan terlihat rindang, pohon-pohon besar yang sudah tua akan dirapikan dan dipangkas rendah. Namun tidak bisa dimatikan,” kata Asmuandi pula. (MC.Kota Palembang/Ria Amelia/Hidayatullah/Eyv)