Nasabah Bank Sampah Akan Dapat Pelatihan Recycle

:


Oleh MC Kota Batam, Senin, 14 November 2016 | 18:08 WIB - Redaktur: Tobari - 322


Batam, InfoPublik – Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Batam akan memberikan pelatihan daur ulang sampah kepada nasabah Bank Sampah yang tersebar di kota ini.

Selama ini para nasabah sudah memanfaatkan sampah bernilai ekonomis namun belum didaur sendiri. "Rencananya awal bulan depan," ujar Kasi Penyuluhan dan Pembinaan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Batam Rida Meliyana, akhir pekan lalu.  

Selama ini, banyak nasabah hanya menjual tapi tidak mendaur, seperti membuat kerajinan tangan dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan menambah nilai ekonomis sampah yang ada. "Kita akan kerjasama juga dengan PKK Kota Batam. Jadi pelatihan recycle," katanya, 

Sebelumnya, Rida mengatakan, antusias masyarakat membentuk sarana pemanfaatan sampah bernilai ekonomis ini, jumlahnya sudah di atas 200 unit Bank Sampah. Uang yang dikeluarkan pun untuk membeli itu sekitar Rp60 juta per bulannya. Sekarang sudah ada  lebih dari 200 bank sampah. 

Setelah dijemput, pihaknya kembali menjual kepada perusahaan pengelola sampah menjadi bahan setengah jadi di Kota Batam. Jadi barang yang didapatkan memang benar, karena dari Bank Sampah yang dibentuk oleh masyarakat.

Bank Sampah sendiri bentukan kelurahan dan ada dari inisiasi kelompok masyarakat. Dalam satu kelurahan, jumlahnya ada dua atau tiga unit bank untuk menampung sampah bernilai ekonomis ini. (MC Batam – Taslim/toeb)