Kota Bandung Jadi Kota Layak Pemuda

:


Oleh MC Kota Bandung, Jumat, 11 November 2016 | 10:41 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 442


Bandung, InfoPublik - 60 persen penduduk Kota Bandung berusia di bawah 40 tahun. Hal tersebut menandakan bahwa Kota Bandung siap dinobatkan sebagai Kota Layak Pemuda di tahun 2017.

"Dari hal tersebut wajarlah kami banyak melakukan kegiatan kegiatan dan strategi kebijakan yang mengikutsertakan dan memberdayakan pemuda," jelas Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil saat memberikan sambutan dalam acara Inisiasi Kota Layak Pemuda tahun 2017, di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Selasa (8/11).

Salah satu yang menjadikan Kota Bandung dipilih sebagai Kota Layak Pemuda adalah bahwa Kota Bandung merupakan kota pertama yang mempunyai peraturan daerah tentang pemuda.

"Hal itu sudah hadir dan Insya Allah itu menjadi landasan kukuh kami untuk melakukan keberpihakan anggaran, kebijakan program dan sebagainya untuk para pemuda," tutur Ridwan.

Untuk mendukung aktivitas para pemuda, Kota Bandung akan segera menghadirkan fasilitas modern yang representatif berupa gedung kreatif.

"Jadi Kota Bandung akan punya pusat aktivitas pemuda dan ekonomi kreatif, insya Allah bulan februari beres dan pertama di Indonesia. Jadi pemuda tinggal datang untuk berkreasi," ujarnya.

Ridwan menambahkan, Kota Bandung juga memiliki ruang kepemudaan yang berbasis di tingkat kelurahan dengan jumlah kelurahan di Kota Bandung sebanyak 151 kelurahan.

"Selain itu, Kota Bandung mempunyai program PIPPK, di dalamnya itu ada Karang Taruna sebagai organisasi kepemudaan untuk ikut hadir memberikan perkembangan di kewilayahan," jelasnya. 

Dengan komunitas yang lebih dari 5000, LPM, organisasi dan sebagainya Kota Bandung siap menjadi kota pemuda,"Mudah-mudahan dengan demikian, hal tersebut menjadi salah satu penguat kami untuk kota pemuda 2017,"pungkasnya.

Lanjut PLT Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Jonni Marzidal menyampaikan dalam laporannya, kota layak pemuda merupakan program pemerintah dari Kementrian Pemuda Olahraga RI yang diinisiasi oleh pemuda KNPI Kota Bandung sejak tahun 2015 lalu.

"Program ini dimana pemerintah daerah baik provinsi maupun kota/kabupaten lebih memperhatikan pembinaan dan pemberdayaan pemuda di daerahnya masing masing,"jelas Jonni.

Lanjut ia menambahkan, kota layak pemuda akan dicanangkan oleh pemerintah pusat dimana suatu daerah telah mencapai  beberapa indikator yang ditetapkan oleh kempora,

"Pertama yaitu regulasi, adanya perda tentang kepemudaan, infrastruktur, kelembagaan dan kemandirian pemuda atau pemuda pelopor dalam hal UMKM," jelasnya.

Jonni menambahkan, kota layak pemuda ini digelar di tiga kota antara lain Bandung, Malang dan Palu,"Hari ini di Bandung, mudah mudahan kota selanjutnya bisa lebih meriah dan berkesan,"ujarnya. (MC.Kota Bandung/Eyv)