BKPPD Bone Bolango Terapkan Pelayanan Kepegawaian Berbasis SMS Center

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Kamis, 10 November 2016 | 12:50 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 654


Bone Bolango, InfoPublik - Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bone Bolango melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka optimalisasi aplikasi SIMPEG berbasis web dan sosialisasi pelayanan kepegawaian berbasis SMS Center (SMS Gateway) bertempat di Hotel Sumber Ria Gorontalo, Selasa (8/11).

Kegiatan yang diikuti oleh para Kasubag Kepegawaian dan staf SKPD itu, dibuka Plt. Kepala BKPPD Bone Bolango, Risna Djafar.

Risna Djafar dalam arahannya menyampaikan bahwa seluruh kegiatan di BKPPD itu kerjasama dengan Kasubag Kepegawaian, karena Tupoksinya berhubungan dengan BKPPD.

Sebaik dan sebagus apapun program yang ingin dibuat oleh BKPPD, tanpa dukungan Kasubag Kepegawaian dan pimpinan yang di SKPD, maka programnya tidak bisa dilaksanakan. Untuk itu, diharapkan apa yang sudah diprogramkan ini, bisa diimplementasikan di setiap SKPD.

Sementara itu, Kepala Bidang Data dan Informasi BKPPD Bone Bolango, Kamaludin Pammus mengatakan saat ini BKPPD berupaya melaksanakan kegiatan yang bersifat e-goverment salah satunya adalah melalui aplikasi SIMPEG.

“Jika kita menarik benang merahnya bahwa BKPPD ini berupaya untuk melaksanakan kegiatan bersifat e-goverment. Artinya kegiatan ini lebih menjalankan fungsi-fungsi e-goverment itu sendiri atau pemerintah berbasis elektronik. Salah satunya menjalankan aplikasi SIMPEG untuk pengelolaan data kepegawaian dan melalui Rakor ini agar dapat dioptimalkan dan dimaksimalkan,”katanya.

Ditambahkannya, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan sosialisasi pelayanan urusan kepegawaian berbasis SMS Center yang akan diterapkan dalam rangka bagaimana memaksimalkan informasi, komunikasi urusan kepegawaian. Sehingga ASN atau Kasubag kepegawaian cepat berkomunikasi dan menerima informasi.

“Dengan adanya aplikasi-aplikasi yang diterapkan ini, diharapkan dapat meningkatkan eksistensi dari Kasubag Kepegawaian di SKPD dalam pengelolaan dan pelayanan urusan kepegawaian,”ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Sub Bidang SIMPEG, Ramlan Hadju menjelaskan bahwa pelayanan kepegawaian berbasis SMS Center ini adalah inovasi yang coba dikembangkan dan diterapkan di BKPPD Bone Bolango.

“BKPPD Bone Bolango akan menerapkan inovasi pelayanan kepegawaian berbasis SMS Center yang memiliki fitur antara lain, autoreply (otomatis menjawab), broadcast berita kepegawaian, dan layanan tanya jawab via SMS,”tutupnya. (MC. Bone Bolango/Hms/Kadir/Eyv)