Panglima TNI Mengaku Taat dan Siap Jaga Bhinneka Tunggal Ika

:


Oleh Yudi Rahmat, Rabu, 9 November 2016 | 16:36 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 936


Jakata, InfoPublik - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menegaskan pihaknya tetap loyal kepada Presiden selaku Panglima Tertinggi TNI, untuk melaksanakan tugas menjaga ke-Bhinneka Tunggal Ika-an.

"Saya sebagai Panglima TNI, atasan saya adalah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo selaku Panglima Tertinggi TNI. Oleh sebab itu, saya harus taat dan loyal kepada Presiden saat diperintahkan melaksanakan tugas menjaga ke-Bhinneka Tunggal Ika-an, dan ini dapat dilihat saat aksi damai tanggal 4 November 2016 yang lalu," kata Gatot saat menjadi salah satu narasumber di stasiun televisi swasta, bertempat di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa malam.

Melalui keterangan tertulis, Rabu (9/11), Gatot mengatakan, sebagai umat muslim dirinya  pernah bersumpah saat dilantik menjadi Perwira TNI, tanggal 15 Maret 1982.

"Sumpah yang saya ucapkan di atas kitab suci Al-Qur’an, diantaranya. Demi Allah saya bersumpah akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila, serta taat kepada atasan dengan tidak membantah perintah atau putusan,” ucapnya.

Panglima TNI mengatakan bahwa Presiden RI sebagai Panglima Tertinggi memerintahkan untuk menjaga dan mengelola ke-Bhinneka Tunggal Ika-an.  “TNI sebagai garda terdepan siap menjaga ke-Bhinneka Tunggal Ika-an, dan akan menghadapi setiap kekuatan yang ingin mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa,” tegasnya.