Sat Pol PP Palembang Bentuk Pasukan Khusus Pariwisata

:


Oleh MC Kota Palembang, Rabu, 9 November 2016 | 11:02 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 869


Palembang, InfoPublik - Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palembang akan membentuk tim khusus pariwisata. Nama tim itu: Satuan Pol PP Pariwisata Kota Palembang.

“Anggotanya sekitar 20-30 orang. Mereka ini akan mengenalkan pariwisata di Palembang,” ujar Kasat Pol PP Palembang Alex Ferdinandus,melalui Kepala Seksi Kerja Sama, Budi Norma, Rabu (9/11).

Selain bertugas menegakkan peraturan daerah, menjaga aset-aset pemerintah yang merupakan tugas pokok, anggota Sat Pol PP, kata Budi, bisa membantu mempromosikan tempat-tempat wisata di kota tua ini. Apalagi Palembang tuan rumah Asian Games 2018.

“Fokusnya pengenalan pariwisata di Benteng Kuto Besak. Karena itu wisata di pusat kota. Juga pengenalan tugu iwak belido yang segera dibangun. Tempat-tempat pariwisata yang lain juga dikenalkan ke pengunjung yang datang ke Palembang,” ujar Budi pula.

Adapun tempat-tempat wisata di Palembang, antara lain, Jembatan Ampera, Sungai Musi, Pulau Kemaro, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Taman Purbakala Sriwijaya, Hutan Wisata Punti Kayu.

Budi menambahkan, saat ini pihaknya lagi sedang mengadakan pelatihan kesamaptaan untuk anggota di Asrama Haji. Pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan personel.

“Pelatihan ini juga penentu dalam membentuk pasukan khusus pariwisata. Ada kritera khusus untuk pasukan ini. Selain berpenampilan menarik, juga menguasai bahasa Inggris, karena akan berhubungan dengan wisatawan asing,” kata Budi.

Budi mengatakan pula, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Kota Palembang terkait keberadaan Sat Pol PP Pariwisata.

“Mereka ini akan di tempatkan di area-area wisata. Pakai seragam khusus, tapi tetap ada atribut Sat Pol PP,” ujar Budi, seraya menambahkan, tim ini segera dibentuk dan direncanakan mulai bertugas tahun depan.(MC.Palembang/ Ria Amelia/Hidayatullah/Eyv)