Bahu Jembatan Jembar Blora Longsor Akibat Pembangunan Ruko

:


Oleh MC Kabupaten Blora, Selasa, 8 November 2016 | 17:12 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Blora, InfoPublik - Kepala Kelurahan Kedung Jenar, Kecamatan Blora, Wahyu Tri Mulyani, mengatakan longsornya bahu jembatan yang menghubungkan Kelurahan Jenar dan Beran (Jembar)  bukan akibat bencana alam dan curah hujan, melainkan adanya pekerjaan membangun ruko di sisi bahu jembatan yang longsor sejak pekan lalu.

“Saya sudah koordinasi dengan RT dan pihak pelaksana proyek, longsornya bukan akibat dari bencana alam atau curah hujan, melainkan ada pengerjaan bangunan untuk ruko disamping bau jembatan yang longsor,” jelas Wahyu Tri Mulyani, di Blora, Selasa (8/10).

Untuk mengantisipasi warga dan para pengguna jalan yang lewat, segera dilakukan koordinasi apakah nanti ditutup atau tidak. “Segera kami koordinasikan, apakah ditutup bagi pengguna jalan atau tidak,” ujarnya dan meminta agar segera dilakukan penanganan secepatnya. 

Plt. Kepala DPU Kabupaten Blora Bondan Sukarno menyatakan longsor yang terjadi bukan akibat dari kondisi bangunan jembatan yang sudah selesai dikerjakan, melainkan ada pengerjaan baru yakni bangunan ruko yang sedang dimulai proses pelaksanaannya.  

Dari pantauan terkini, Selasa (8/11), tingkat kelongsoran hampir merembet ke separuh badan jalan dan cukup membahayakan baik bagi pengguna jalan dan pekerja proyek.

Pembangunan jembatan Sungai Lusi yang menghubungkan Kelurahan Kedungjenar dan Kelurahan Beran Kecamatan Blora, dimulai setelah beberapa tahun diwacanakan. Proyek jembatan yang berada di selatan SMP Negeri 2 Blora itu menelan biaya Rp4,69 miliar dari APBD 2016 melalui DPU Kabupaten Blora.

Keberadaaan Jembatan Jembar (Jenar-Mberan) yang sudah selesai pembangunannya, mampu mengurai kepadatan arus lalu lintas yang ada kawasan Jembatan Kaliwangan Blora.

Dengan adanya Jembatan Jembar yang melintas dari Kelurahan Beran menuju Kelurahan Kedungjenar (SMP 2 Blora) maka, warga yang dulunya melintasi Jembatan Kaliwangan beralih ke Jembatan Jembar. (MC Kab. Blora / Guh/toeb).