PT. Pelindo I (Persero) Cab. Gunungsitoli Terapkan E-Tiketting

:


Oleh MC Kota Gunung Sitoli, Selasa, 8 November 2016 | 14:32 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Gunungsitoli, InfoPublik – Sebagai upaya peningkatkan pelayanan sekaligus memberikan kemudahan bagi para pengguna jasa pelabuhan, PT. Pelindo I (Persero) Cabang Gunungsitoli menerapkan e-Tiketting Pas Pelabuhan berbasis IT yang ditandai dengan Peresmian Implementasi Autogate System, bertempat di Halaman Kantor Pelindo I Cab. Gunungsitoli (11/7).

General Manager PT. Pelindo I Cab. Gunungsitoli, Aulia Rahman Hasibuan, SE, MM dalam laporannya menyampaikan bahwa penerapan sistem e-tiketting pas pelabuhan berbasis IT yang diimplementasikan pada penggunaan Autogate System bertujuan untuk efesiensi pembayaran tiket pas masuk pelabuhan dan sekaligus menciptakan keteraturan arus kendaraan yang masuk maupun kendaraan keluar dari pelabuhan.

Aulia Rahman mengharapkan kerjasama dari  Pemerintah Kota Gunungsitoli, TNI, Polri serta instansi terkait lainnya dalam hal mendukung terselenggaranya pelabuhan Kota Gunungsitoli yang aman, nyaman dan tertata rapi sehingga manfaatnya  dapat dirasakan oleh masyarakat.

Kepala KSOP Gunungsitoli, Rochadi, SE juga sangat mengapresiasi penerapan Autogate System di Pelabuhan Gunungsitoli sebagai upaya peningkatan pelayanan fasilitas perhubungan laut yang menjadi salah satu pintu masuk di Kepulauan Nias.

Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada PT. Pelindo I Cabang Gunungsitoli atas terselenggaranya Implementasi Autogate System ini, sehingga masyarakat dapat merasakan keteraturan, kenyamanan dan keamanan pada saat masuk pelabuhan maupun keluar pelabuhan.

Walikota mengharapkan agar pembenahan sarana Pelabuhan Laut Kota Gunungsitoli dapat bersinergi sesuai dengan program Pemerintah Kota Gunungsitoli terutama dalam hal aktifitas bongkar muat kendaraan ekspedisi didalam kota yang menimbulkan kemacetan dan kesemerautan lalulintas.

Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika akan merelokasi truk ekspedisi ke arah Gunungsitoli Utara, sehingga kendaraan bertonase rendah saja nantinya yang akan memasuki wilayah perkotaan untuk melangsir barang.

“Di sini, ada Plt. Kadis Perhubungan, saya mengharapkan agar aktifitas bongkar muat kendaraan ekspedisi tidak lagi dilakukan di dalam kota dan segera dipersiapkan regulasi terkait aktifitas bongkar muat tersebut ”, tegas beliau.Kegiatan dilanjutkan dengan acara penyantunan anak yatim/piatu oleh Walikota Gunungsitoli bersama GM. Pelindo I, Kepala KSOP serta unsur Forkopimda.

Pada akhir kegiatan Walikota Gunungsitoli melakukan pengguntingan pita, tanda diresmikan dan dimulainya Implementasi Autogate System di gerbang masuk pelabuhan Kota Gunungsitoli.Turut hadir pada acara tersebut Kapolres Nias, mewakili Dandim 0213 Nias, Danpos TNI AL, mewakili Kajari, Ketua PN Gunungsitoli, Kepala SKPD, Ketua beserta Anggota Pemuda Pancasila, PWRI dan tamu undangan. (MC Gunungsitoli/ian/eyv)