Disbudparpora Singkawang Gelar Workshop Fotografi

:


Oleh MC Kota Singkawang, Senin, 7 November 2016 | 19:10 WIB - Redaktur: Tobari - 494


Singkawang, InfoPublik - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Singkawang mengadakan workshop fotografi dengan tema "Merekam Pesona Singkawang", bertempat di Hotel Sentosa, Singkawang, Senin (7/11).

Acara tersebut dihadiri berbagai komunitas fotografi, pelajar, instansi terkait dan tamu undangan lainnya. Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Bobby Bong, Ivan Koerniadi, dan Sandi, dengan materi berupa pengenalan kamera, fotografi landscape dan fotografi jurnalistik.

Narsumber memaparkan pengenalan kamera yang meliputi Kamera Pocket, Kamera Mirrorless, Kamera DSLR dan Kamera Handphone. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan jenis-jenis lensa yang ada, pengenalan apa itu aperture, shutter speed, iso, white balance dan metering.

Kegiatan tanya jawab berlangsung cukup menarik tetkait dengan fungsi dan fitur dari kamera. Satu di antara peserta, Asep, bertanya mengapa pada saat mengambil objek (orang) pada kondisi malam hari latar belakangnya hitam.

"Kalau malam kita foto backgroundnya gelap, kemarin coba isonya ditinggikan efek sampingnya banyak noise, pakai flash noise hilang tapi backgroundnya jadi gelap," tanyannya.

Bobby Bong menjawab bahwa dalam pengambilan foto hal yang paling penting adalah cahaya, karena fotografi adalah merekam cahaya "Kondisi gelap memang susah karena cahaya sangat sedikit, iso kita tinggikan untuk merekam suasana gelap, background menjadi gelap, karena cahaya dari flash kita lebih banyak dari bacground," jelasnya.

Lanjutnya, bahwa untuk mendapatkan foto dalam kondisi gelap sesuai keinginan bisa dengan menggunakan flash external yang bisa diatur kuatnya cahaya yang membias.

"Untuk mendapatkan sesua keinginan itu bisa memakai flash external, karena bisa diatur bisa di kecilin power dari flashnya kita atur agar sesuai cahayanya dengan bacgroundnya," ujarnya.

Satu di antara peserta lainnya bertanya kembali apakah ada jenis atau tipe kamera yang diperuntukan khusus untuk seorang pemula untuk mempelajarinya. Bobby Bong menjawab pada dasarnya kamera tidak ada merek tertentu yang dikhususkan untuk para pemula atau tingkat mahir.

"Intinya cara kerjanya dasar kerjanya sama, kita haruslah menguasai kamera kita dulu, kemampuannya sejauh mana baru kita punya pemikiran untuk menghasilkan foto seperti apa dari kamera kita," jelasnya. (MC/HR/toeb)