Menteri Agama Shalat Jumat Bersama Demonstran

:


Oleh Gusti Andry, Jumat, 4 November 2016 | 13:17 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 962


Jakarta, InfoPublik -  Menteri Agama shalat Jumat bersama pengunjuk rasa di Masjid Istiqlal, sementara itu, Menteri Sekretaris Negara dan Menko Polhukam ditugasi menerima perwakilan demonstran di sejumlah titik termasuk halaman Istana Merdeka.

"Iya dong bareng umat Islam semuanya," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sebelum memasuki areal Masjid Istiqlal.

Seperti dilaporkan LKBN Antara, Jumat (4/11), Lukman mengenakan baju putih dengan peci hitam. Ia datang dengan kawalan tim ajudan, protokol dan humas.

Menteri Agama berjalan kaki ke Masjid Istiqlal, yang jaraknya sekitar 200 meter dari kantor Kementerian Agama di kawasan Lapangan Banteng.

Beberapa tokoh publik juga bergabung dengan orang-orang yang hendak berunjuk rasa di Istiqlal, termasuk Ketua Front Pembela Islam Habib Rizieq Shihab dan Wakil Ketua DPR Sodik Mudjahid, Fadli Zon dan Fahri Hamzah.

Massa dari beragam organisasi kemasyarakatan dan keagamaan dari berbagai daerah datang ke Jakarta untuk berunjuk rasa, menuntut aparat penegak hukum segera menuntaskan perkara penistaan agama yang dituduhkan kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Presiden Joko Widodo telah menugasi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto untuk menerima perwakilan demonstran yang menggelar aksi di sejumlah titik termasuk di luar halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

"Saya konfirmasi pada Presiden bahwa yang nanti menerima perwakilan pengunjuk rasa adalah Mensesneg dan Menkopolhukam," kata Staf Khusus Presiden Johan Budi di Kompleks Istana Kepresidenan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla sudah memberikan jaminan kepada masyarakat DKI Jakarta bahwa mereka bisa menjalankan aktivitas seperti biasa.