Merauke Tidak Terpengaruh Putusnya Kabel Optik Di Demta

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Jumat, 4 November 2016 | 10:57 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 332


Merauke, InfoPublik - Putusnya kabel optik, kabel dibawah laut di sekitar Demta, Kabupaten Jayapura, menyebabkan gangguan jaringan di Kabupaten dan Kota Jayapura.

Alhasil,  gangguan yang dialami Kota dan Kabupaten Jayapura tersebut tidak berdampak ke Merauke. ‘’Untuk Merauke, kita tidak terpengaruh dengan gangguan jaringan yang terjadi dan dialami  di Kota dan Kabupaten Jayapura,’’ kata Asisten Manager Support Muh. Amin Letsoin, kepada wartawan. Muh. Amin Letsoin, baru-baru ini, menjelaskan, Merauke tidak kena dampak  ganguan tersebut karena kabel optik yang sampai ke Merauke adalah kabel optik yang dihubungkan dari Ambon kemudian ke Timika lalu lanjut ke Merauke.

Dia menjelaskan, saat  ini jumlah pelanggan indi home di Merauke sudah hampir 899 pelanggaran. ‘’Tiap bulan, jumlah pelanggan terus bertambah dengan kapasitas yang diberikan 10 Megabite. Sama dengan di kantor. Tapi kami siapkan ada 10 MB, 30 MB dan 50 MB,’’ katanya.

Menyanglut masalah biaya, Amin mejelaskan bahwa pihaknya mengenakan biaya sebesar Rp 550.000. setiap bulannya. ‘’Pakai tidak pakai, setiap bulannya harus bayar sebesar itu,’’ terangnya.   Ditambahkan, pemasangan indi home tersebut dilakukan untuk wilayah-wilayah yang sudah terpasangan jaringan kabel dari Telkom. ‘’Kami belum melakukan pengembangan untuk  daerah-daerah yang belum ada jaringan Telkom selama ini,’’ tambahnya. (02/McMrk/Abd/Eyv)