Wabup Meranti Tinjau Proyek Di Rangsang Pesisir

:


Oleh Prov. Riau, Jumat, 4 November 2016 | 08:18 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 360


Selatpanjang, InfoPublik  – Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim melanjutkan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) proyek di Kecamatan Rangsang Pesisir. Dia meminta agar seluruh proyek pembangunan benar-benar bisa dimanfaatkan masyarakat.

"Jangan sampai bangunan yang sudah dibangun ini mubazir. Hanya jadi monumen karena tidak dapat dimanfaatkan masyarakat," kata Wakil Bupati, saat meninjau bangunan yang akan difungsikan sebagai pabrik kerupuk ikan di Desa Tenggayun Raya, Kamis (3/11).

Bangunan pabrik dari program Badan Pengelola Perbatasan Kabupaten Kepulauan Meranti itu sudah selesai seratus persen. Bangunan itu akan difungsikan sebagai tempat usaha pembuatan kerupuk ikan oleh kelompok usaha masyarakat setempat.

"Jangan sampai karena lokasi bangunan ini agak jauh, pengrajin enggan datang. Atau mungkin karena fasilitasnya tidak lengkap akhirnya bangunan ini hanya jadi monumen saja," ingat Wabup lagi kepada Camat Rangsang Pesisir Idris Sudin SPd MSi dan Kepala Desa Tenggayun Raya Haiwar serta Kepala Badan Pengelola Perbatasan (BPP) Khairul Amri.

Namun Kades Haiwar menjelaskan bahwa lokasi bangunan itu tidak terlalu jauh. Meskipun di kiri dan kanan bangunan adalah lahan perkebunan bukan pemukiman warga."Dari rumah warga memang agak jauh sedikit karena kita khawatir nanti bau dari pengolahan bahan baku berupa udang dan ikan bisa mengganggu warga," jelasnya.

Sementara itu Kepala BPP Khairul Amri mengungkapkan, bangunan serupa selain diberikan kepada kelompok usaha pembuatan kerupuk ikan di Desa Tenggayun Raya, juga dibangun untuk kelompok pengolahan sirup mangrove di Desa Anak Setatah Kecamatan Rangsang Barat.

Selain bangunan, pihaknya juga memberikan bantuan mesin pengolahan."Mesinnya sudah ada, tinggal kita pasangkan disini. Total anggaran bangunan dan mesin di dua lokasi sekitar Rp 800 juta," ungkapnya.(MC Riau/san/eyv)