Gubernur Maluku Jamin Keamanan Ambon Tetap Kondusif

:


Oleh MC Provinsi Maluku, Jumat, 4 November 2016 | 07:38 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 633


Ambon, InfoPublik - Gubernur Maluku Said Assagaff menjamin kondisi keamanan di provinsi Maluku terutama Kota Ambon tetap kondusif saat pelaksanaan unjuk rasa yang akan berlangsung di Jakarta pada 4 November 2016.

"Aksi unjuk rasa berkaitan dengan pernyataan petahanan gubernur DKI Jakarta di Kepulauan Seribu, beberapa waktu lalu, yang diduga dan dianggap menistakan agama, kita yakin aksi ini tidak berimbas ke daerah lain di Indonesia terutama Kota Ambon," katanya di Ambon, baru-baru ini.

Ia menyatakan, warga Kota Ambon diharapkan tetap melakukan aktivitas seperti biasa, karena aksi unjuk rasa dilakukan di Jakarta dan diharapkan tidak berdampak ke daerah.

"Jika ada pihak-pihak tertentu yang ingin mengganggu keamananan negara, aparat harus bertindak tegas agar tidak terjadi hal-hal yang dapat menggangu keamanan," ujarnya.

Menurut Said, pihaknya selama berada di luar daerah terus memantau keamanan di Maluku khususnya Kota Ambon.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kapolda Maluku dan Pangdam XVI Pattimura agar aparat keamanan melakukan pengamanan, dan jika ada indikasi kurang baik dan terbukti harus diproses hukum.

"Aksi unjuk rasa hanya berlangsung di Jakarta, saya yakin sungguh di Maluku kehidupan masyarakatnya penuh persaudaraan, tidak mudah terprovokasi hal-hal yang tidak diinginkan, " katanya.

Ia mengakui, kondisi kota Ambon paska konflik sosial yang terjadi beberapa tahun lalu semakin baik dan masyarakat tidak mau kondisi tersebut terulang, karena sangat menggangu aktivitas bermasyarakat.

"Kita akui Ambon pasca konflik sosial sampai saat ini terus membaik dan karena itu mari kita jaga situasi ini agar terus aman dan damai," jelasnya.

Selama ini lanjutnya telah ada imbauan dari berbagai pihak terutama tokoh agama dan aparat keamanan untuk tetap menjaga keamanan Ambon.

"Imbauan dari tokoh agama dan tokoh mayarakat akan terus disampaikan demi kelangsungan kehidupan orang basudara di Maluku," urainya.

Dijelaskannya, masyarakat harus tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan kondisi yang terjadi, karena Ambon sudah sangat kondusif.

"Saya berharap seluruh warga kota menjaga hubungan persaudaraan dan kekeluargaan. Kita rawat kota ini dengan baik untuk kelangsungan generasi kita ke depan agar tetap aman dan kondusif," ucapnya. (MC.Prov.Maluku/ant/LL/eyv)