Kadin Akan Gelar Rakernas Bahas Sektor Kelautan dan Perikanan

:


Oleh Baheramsyah, Kamis, 3 November 2016 | 08:50 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 583


Jakarta,InfoPublik – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesiaakan menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) tahun 2016 Bidang Kelautan dan Perikanan. Rakernas ini akan digelar di Aryaduta Hotel pada Senin 7 November 2016.

Wakil Ketua Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto mengatakan, rakernas ini untuk membahas perkembangan sektor perikanan dan kelautan, terutama pada era Presiden Jokowi.

Dia menambahkan, rakernas ini juga sebagai upaya untuk mendorong program pemerintah terutama sejak terbitnya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional.

“Termasuk untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan meningkatkan devisa negara,” kata yugi di Menara Kadin, Kuningan, Jakarta, Rabu (2/11).

Ada sejumlah topik yang bakal dibahas dalam rakernas kali ini antara lain, peningkatan produksi perikanan tangkap, budidaya, dan pengolahan hasil perikanan.

Lalu, perbaikan distribusi logistik hasil perikanan dan penguatan daya saing. Bukan hanya itu, rakernas ini membahas percepatan penataan ruang laut dan pemetaan Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI).

Yugi mengatakan, rapat tersebut akan membahas pula penyediaan sarana dan prasarana dasar serta pendukung industri perikanan nasional. Lalu percepatan peningkatan jumlah dan kompetensi SDM.

“Kita ingin mengumpulkan stakeholder kelautan dan perikanan untuk mendengar pendapat mereka tentang masukan penting bagi industri ini,” ujar dia. 

Ia juga menjelaskan, beberapa narasumber telah dipersiapkan untuk memberikan banyak masukan terhadap para pemangku kepentingan di sektor kelautan dan perikanan. Diantaranya, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sri Adiningsih, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad, Menteri ESDM Ignasius Jonan, dan beberapa narasumber lain dari sektor perbankan nasional.

"Pada Rakernas itu, kita ingin mengumpulkan pemangku kepentingan kelautan dan perikanan untuk mendengar pendapat mereka tentang masukan penting bagi industri ini. Hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki Iagi dari sektor ini agar dapat bertumbuh lebih optimal," katanya.