Agam, InfoPublik - Sebanyak 104 unit sekolah di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mulai tingkat SD, SLTP, SLTA dan sederajat, telah melaksanakan proses akreditasi sekolah dari Badan Akreditasi Provinsi-Sekolah Madrasah  (BAP-SM) Provinsi Sumatera Barat pada 2016. 

"Ke-104 unit sekolah ini telah memperoleh nilai A sebanyak 45 sekolah, B sebanyak 58 sekolah dan C sebanyak satu sekolah pada pelaksanaan akreditasi sekolah pada 2016," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam Fauzir didampingi Kepala Bidang Pendataan Teknologi Informasi dan Manajemen Mutu Eriswandi di Lubuk Basung, Rabu (2/11). 

Ke-104 sekolah yang diakreditasi itu yakni, tingkat SD sebanyak 85 unit, MI sebanyak 5 unit, SLTP sebanyak 2 unit, MTS sebanyak 2 unit, SLTA sebanyak 3 unit, MA sebanyak 1 unit dan  SMK sebanyak 6 unit. 

Ini berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Provinsi Sekolah dan Madrasah (BAP-SM) Sumatera Barat No. 1044/BAP-SM/LL/x/2016, pada 25 Oktober 2016 tentang penetapan hasil akreditasi sekolah dan madrasah tahun 2016. 

"Sekolah yang diakreditasi pada tahun 2016 ini diperbaharui karena masa berlaku akreditasinya telah berakhir. Untuk itu, telah diusulkan pada tahun 2015 kemarin," katanya.

Selain itu, sekolah di Kabupaten Agam keseluruhannya telah terakreditasi. Sedangkan yang habis masa berlakunya akreditasi sekolah diusulkan setiap tahun untuk diperbaharui ke BAP-SM Provinsi Sumatera Barat. "Pelaksanaan akreditasi sekolah ini rutin kita lakukan setiap tahunnya," terangnya.  

Sementara itu, hasil akreditasi diharapkan dapat dijadikan bahan informasi untuk pemetaan indikator kelayakan sekolah dan madrasah, untuk meningkatkan mutu sekolah dan sebagai bahan masukan untuk penyusunan program disekolah.(mc agam/toeb)