Pameran OGP Pemkab Terima Kunjungan Pelajar dan Warga Bojonegoro

:


Oleh MC Kabupaten Bojonegoro, Selasa, 1 November 2016 | 17:10 WIB - Redaktur: Tobari - 684


Bojonegoro, InfoPublik - Sebanyak 20 murid SMP Muhammadiyah 9 Bojonegoro mengunjungi pameran keterbukaan informasi yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro di gedung baru pemkab, Selasa (1/11).

Dalam kunjungan ini, para siswa dipandu oleh petugas Dinas Komunikasi dan Informatika Yanuar, yang menjelaskan visualisasi dalam bentuk banner/poster tentang proses keterbukaan pemerintah (Open Goverment Partnership/OGP) yang dilakukan Kabupaten Bojonegoro.

Dalam pameran OGP ini ditampilkan mulai tantangan Bojonegoro di masa lalu, banjir, kekeringan, kemiskinan, rusaknya infrastruktur sampai dengan cara-cara pemerintah mengatasi itu semua.

"Cara mengatasi tantangan yang dihadapi tersebut tidak lain adalah dengan pemerintahan yang terbuka dengan menonjolkan peran masyarakat dalam perencanaan hingga pengawasan pembangunan," jelas Yanuar pada para siswa-siswi SMP Muhammadiyah ini.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, untuk memediasi hal tersebut, pemkab membuka seluas-luasnya akses masyakarat untuk mengadu, baik lewat dialog rutin Jum’at, sms bupati, radio Malowopati bahkan media yang berbasis website di lapor.go.id maupun sms ke 1708.

Siswa siswi sangat antusias ketika menerima penjelasan. Bahkan, beberapa siswa mengabadikannya melalui video dan kamera ponsel. "Ternyata Bojonegoro hebat, terbuka sekali," kata Najwa, siswa kelas 7.

Sementara itu, Kusnandaka Tjatur selaku ketua festival OGP Bojonegoro menyampaikan, pameran ini dibuka mulai 19 Oktober hingga 5 November 2016.

"Kita memberi kesempatan kepada seluruh elemen masyarakat baik di bidang pendidikan maupun pemerintahan desa untuk mengetahui bagaimana proses open goverment yang dilakukan Kabupaten Bojonegoro dengan mengunjungi pameran ini," ujarnya.(MC Bojonegoro/toeb)