Wagub Jawa Timur Buka Popda XI di Jember

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Selasa, 1 November 2016 | 16:29 WIB - Redaktur: Tobari - 723


Jember, InfoPublik - Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf secara resmi membuka pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jatim XI 2006 yang berlangsung 1-6 November di Kabupaten Jember, di GOR PPKESO Kabupaten Jember, Selasa (1/11).

Wagub Saifullah Yusuf mengatakan, event Popda merupakan mata rantai utama dalam sistem pembibitan dan pembinaan olahraga di Jatim, khususnya olahraga prestasi.

Pemprov Jatim melalui Dispora, berkomitmen untuk mengembangkan tata kelola olahraga yang terpadu, berjenjang, berkelanjutan, berlapis dan berbasis iptek terkoneksi antara sub sistem olahraga rekreasi, olahraga pendidikan dan olahraga prestasi, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Gus Ipul, panggilan akrab Wakil Gubernur Jatim, menjelaskan, diselenggarakan Popda ini untuk melaksanakan Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN), sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik Jawa Timur, pemerintah provinsi Jawa Timur bersama DPRD provinsi Jawa Timur menerbitkan Perda nomor 12 tahun 2012 tentang penyelenggaraan keolahragaan.

Kalau kita cermati secara mendalam, peraturan daerah dimaksud merupakan peta jalan bagi para atlet Jawa Timur menuju prestasi dunia. sesuai amanat perda dimaksud pembinaan dan pengembangan olahraga di Jawa Timur dilakukan melalui tahapan-tahapan.

Para atlet pelajar peserta popda ini merupakan penentu masa depan prestasi olahraga Jawa Timur baik di tingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu harus kita jaga semangat berlatih dan mental bertandingnya, dimulai dengan menjaga fair play pelaksanaan Popda.

“Maka saya secara khusus minta kepada wasit dan juri untuk menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan obyektifitas demi masa depan atlet Jatim,” katanya.

Popda ini juga merupakan media silaturahmi masyarakat olahraga di Jawa Timur, di arena ini banyak para tokoh olahraga yang memantau potensi bibit-bibit atlet Jawa Timur.

Maka dari itu, ia mengajak untuk menguatkan tali silaturahmi agar kita bisa bersama-sama menyiapkan dan mengantar atlet-atlet muda Jawa Timur menuju gerbang prestasi nasional dan internasional.

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR berharap, penyelenggaraan POPDA XI Jawa Timur ini bisa berjalan dengan lancar dan semua bisa terfasilitasi dengan baik, mengingat Jember tahun ini tampil sebagai tuan rumah. “Target kita bisa masuk lima besar,” ujar Bupati Faida.

Bupati Jember juga mengucapkan banyak terima kasih para Bupati/Walikota dan wakil Bupati/Wakil Walikota se Jatim yang turut hadir di pembukaan Popda XI.

Sementara Kadispora Jatim Supratomo melaporkan, Popda di Kabupaten Jember diikuti sebanyak 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur dan berlaga di 14 cabang olahraga (cabor) yakni cabor  atletik, bulutangkis, bola basket, bola voli, gulat, karate, panahan, pencak silat, renang, senam, sepak bola, sepak takraw, tenis lapangan, dan tenis meja.

Ajang olahraga pelajar ini, Ada 16 tempat yang menjadi  venue pertandingan, yakni Stadion Universitas Jember (Atletik), GOR Bulutangkis Argopuro (Bulutangkis), GOR Basket Garuda (Bola Basket), GOR PKPSO (Bola Voli), Roxy Square (Gulat), Stadion Notohadinegoro (Panahan), GOR SMPN 7 Jember (Pencak Silat).

Kolam Renang Kebonagung (Renang), Gedung Serba Guna Jember (Senam), Lapangan Sepakbola SECABA Sukorejo, Lapangan Sepakbola Yonif 509, Stadion JSG (Sepakbola), Lapangan Tenis GOR PKPSO Kaliwates (Tenis Lapangan, dan Aula Dinas Pendidikan (Tenis Meja).

Sedangkan untuk cabor Karate dan Sepak Takraw yang direncakan akan menggunakan GOR Joko Tole dan GOR SMAK St. Paulus, akan dipindah ke United Futsal.

Tujuan Popda untuk pembibitan dan pembinaan olahraga prestasi di kalangan pelajar sekaligus rekrutmen  awal persiapan kontingen Jatim dalam menghadapi Popwil 2016 di kota Malang dan Popnas 2017 di Jateng dan para juara Popda akan diseleksi lagi dan mengikuti TC untuk persiapan Popwil dan popnas sehingga atlet pelajar yang mengikuti Popwil dan popnas adalah atlet pelajar terbaik di Jatim.

Peserta yang mengikuti Popda sebanyak 5.634 atlet terdiri dari 2.915 atlet putra dan 1.817 atlet putri dan official 848.

Pembukaan Popda berlangsung meriah dan sukses disamping defile kontingen  dan GOR PPKESO Jember di penuhi 4.000 pelajar dan dihibur dengan berbagai acara seperti marching band, olahraga wushu dan pencak silat serta pertunjukkan Jember Fashion Carnaval. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-her/toeb)