Tingkat Kemiskinan Kabupaten Banjar Terendah Di Kalsel

:


Oleh MC Banjar, Selasa, 1 November 2016 | 10:46 WIB - Redaktur: Tobari - 828


Martapura, InfoPublik – Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Sekretariat Wakil Presiden mengemukakan, berdasarkan data yang diperoleh, Kabupaten Banjar pada saat ini menempati urutan terbaik dengan tingkat persentase kemiskinan paling rendah se-Provinsi Kalimantan Selatan.

 “Kabupaten Banjar saat ini tingkat kemiskinannya paling rendah di Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu dengan 2.87%,” kata Bambang Darsono, selaku narasumber dari TNP2K Sekretariat Wapres, di Aula Barakat Martapura, Senin (31/10) pagi.

Hal ini merupakan prestasi yang sangat baik bagi Kabupaten Banjar. Akan tetapi Pemkab Banjar tidak boleh lengah, dan sebisa mungkin harus tetap bisa menekan jumlah kemiskinan tersebut agar semakin rendah lagi, pintanya.

Dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Banjar, Bappeda Kab. Banjar dengan dukungan Tenaga Ahli dari TNP2K Sekretariat Wakil Presiden, memperbaharui dan menyempurnakan peta kemiskinan melalui sistem informasi Manajemen Penanggulangan Kemiskinan yang berbasis rumah tangga.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Aula Barakat Martapura, Senin (31/10) pagi tersebut, Bambang Darsono, selaku narasumber, memaparkan empat hal.

Di antaranya perkembangan angka kemiskinan dan ketimpangan, basis data terpadu program penanganan fakir miskin, penajaman alokasi anggaran pembangunan untuk mengurangi ketimpangan kesejahteraan, dan karakteristik 40% rumah tanpa dengan status kesejahteraan terendah.

Bambang mengungkapkan, TNP2K RI ini dikelola bersama antara Kementerian Sosial RI dan Sekretariat TNP2K. Berdasarkan data yang diperoleh, Kabupaten Banjar pada saat ini menempati urutan terbaik dengan tingkat persentase kemiskinan paling rendah se-Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu dengan 2.87%.

Sementara Bupati Banjar H Khalilurrahman dalam keterangannya mengungkapkan, akan terus berupaya menekan angka kemiskinan di Kabupaten Banjar guna mewujudkan masyarakat Kabupaten Banjar yang sejahtera dan barokah.

Ia menyambut baik dan mengapresiasi Ekspose Penyusunan Peta Penanggulangan Kemiskinan atau Sistem Informasi Penanggulangan Kemiskinan berupa sistem informasi Manajemen Penanggulangan Kemiskinan yang berbasis rumah tangga ini.

“Semoga ini dapat membantu Kita dalam berupaya semaksimal mungkin meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menekan angka kemiskinan di Kabupaten Banjar," harapnya.

Tampak pula hadir pada acara ini Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang juga sebagai Ketua Tim Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Banjar, Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar H Nasrunsyah, Tenaga Ahli TNP2K Lucky Koryanto, Tenaga Ahli dari Bappeda Provinsi Jawa Barat Andhy Purwoko serta para kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar. (Hum/bom/fii/Mcbanjar/zay/toeb)