Hari Sumpah Pemuda Perkuat Persatuan Dan Kesatuan Bangsa

:


Oleh MC Banjar, Senin, 31 Oktober 2016 | 10:21 WIB - Redaktur: Tobari - 409


Martapura, InfoPublik - Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur bertindak sebagai Inspektur Upacara, memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di halaman Kantor Pemkab Banjar Martapura, Jum’at (28/10). Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-88 Tahun 2016, bertemakan Pemuda Indonesia Metatap Dunia.

Para peserta upacara yang terdiri dari para PNS lingkup Pemkab Banjar, TNI, Polri, pelajar, dan organisasi kepemudaan ini mendengarkan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrawi yang dibacakan Wakil Bupati Banjar.

Menurut Saidi Mansyur, satu hal yang dapat dipelajari dari peristiwa Sumpah Pemuda adalah rasa saling percaya yang membuat seluruh pemuda di Indonesia kala itu bersatu. Bermodalkan rasa saling percaya, para pemuda melanjutkan perjuangan melawan penjajah.

Tanggal 28 Oktober tiap tahunnya selalu diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Tentunya momen ini tak hanya untuk mengenang apa yang pernah terjadi di masa lalu, namun juga harus memiliki makna dan manfaat yang dapat diambil para generasi muda.

Beragam cara pun digunakan masyarakat untuk merayakan hari bersejarah bagi kaum muda ini, seperti upacara bendera dan acara positif lainnya yang meningkatkan rasa kesatuan dan persatuan.

Di akhir upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, Wakil Bupati Banjar menyerahkan bantuan Beasiswa Prestasi Utusan Daerah Kabupaten Banjar kepada 25 orang mahasiswa. Bantuan diterima secara simbolis oleh Muhammad Asruni dan Nurul Husna. (Hum/pus/welson/Mcbanjar/zay/toeb)