Sergai Canangkan Kesatuan Gerak PKK KB-Kes Tahun 2016

:


Oleh dishubkominfo kab serdang bedagai, Jumat, 28 Oktober 2016 | 18:15 WIB - Redaktur: Tobari - 526


Serdang Bedagai, InfoPublik - Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan dilaksanakan untuk mencapai sasaran meningkatkan cakupan pelayanan yang adil dan berkualitas dalam program pemberdayaan kesejahteraan keluarga, Keluarga Berencana dan Kesehatan.

Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam RPJP/RPJMN serta dalam rangka meningkatkan cakupan peserta KB MKIP khususnya implan di Kabupaten Sergai. Untuk itu diimbau kepada semua pihak dan stake holder terkait untuk bersama-sama mensukseskannya agar hasilnya seperti yang kita harapkan.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya, saat membuka dan mencanangkan kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Kabupaten Sergai 2016, yang dirangkaikan dengan pelayanan pemasangan Implan serentak se-Sumatera Utara bertempat di Klinik PT Socfindo Kebun Bangun Bandar Kecamatan Dolok Masihul, Kamis (27/10).

Kegiatan pemasangan implan gratis tersebut dalam rangka pemecahan Rekor MURI, dan ditargetkan 2,8 juta jiwa di 33 Kabupaten/Kota se-Sumut. Untuk wilayah Sergai menargetkan 1.300 akseptor untuk pemasangan implan gratis.

Turut hadir pada acara Ketua TP. PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Sekretaris BKKBN Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Dra. Hj. Rabiatun Adawiyah, NTHR, Group Manager Socfindo Kebun Bangun Bandar Hugo Napitupulu, para Kepala SKPD, Muspika Kecamatan Dolok Masihul, Ketua TP. PKK Kecamatan dan Desa, para KUPT dan PLKB se-Sergai.

Wabup Darma Wijaya mengatakan bahwa pencapaian peserta KB saat ini sampai dengan bulan September baru sebesar 6.558 akseptor dari PPM 21.004 (31.22%), jumlah peserta KB aktif 85.907 akseptor (74.1%).

“Masih tetap membutuhkan perhatian dan komitmen dari para stakeholder, karena program kependudukan dan keluarga berencana sangat strategis untuk mewujudkan SDM yang unggul demi kelangsungan keluarga yang berkualitas, tentram dan sejahtera,” katanya.

Melalui Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan telah banyak yang kita capai, namun masih memerlukan upaya konkrit dalam memberikan kontribusi yang nyata terhadap cakupan pelayanan KB dan Kesehatan.

Terutama, yang telah dilakukan melalui Kelompok Dasa Wisma, Posyandu, Pos Pembantu KB Desa (PPKBD), Sub pos pembantu KB Desa (Sub PPKBD), Poskesdes, Puskesmas maupun yang lainnya, terutama daerah terpencil dan perbatasan utamanya keluarga pra sejahtera, ujarnya.

Wabup Darma Wijaya berharap kepada seluruh pemangku kepentingan terkait 10 Program Pokok PKK untuk berkontribusi positif dan mampu mempercepat terwujudnya keluarga-keluarga yang berkarakter, bekerja keras dan semangat gotong royong serta langkah yang sama untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera. mandiri di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini .

Sebelumnya Ketua TP PKK Kabupaten Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman melaporkan pencanangan kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan berlangsung selama 3 bulan di mulai tanggal 1 Oktober sampai dengan 31 Desember 2016 di seluruh wilayah Kecamatan se-Sergai.

Kegiatan dirangkaian kunjungan penilaian ke Desa secara berjenjang mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi dan sampai tingkat nasional.

Adapun kategori penilaian meliputi 4 jenis kegiatan yakni pelaksana terbaik kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, PHBS di rumah tangga, posyandu, dan pelaksana terbaik lingkungan bersih dan sehat.

Acara diisi dengan pemberian penghargaan perlombaan PKK-KKBPK-Kesehatan dan Hari Keluarga Nasional ke-XXIII tingkat Provsu Tahun 2016 . (Mc Serdang Bedagai/Febri/toeb)