Bupati Agam Canangkan HKG-PKK-KB-Kes Tingkat Kabupaten Agam 2016

:


Oleh MC Kab Agam, Jumat, 28 Oktober 2016 | 08:03 WIB - Redaktur: Tobari - 283


Agam, InfoPublik - Bupati Agam Indra Catri secara resmi mencanangkan Hari Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan (HKG-PKK-KB-Kes) tingkat kabupaten tahun 2016, di aula kantor Bappeda setempat, Rabu (26/10). 

Acara pencanangan Hari Gerak PKK-KB-Kesehatan ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Agam yang didampingi Ketua PKK Kabupaten Agam Ny. Vita Indra Catri, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Indra dan Kepala BPMPN Kabupaten Agam Welfizar, Kepala BKKBN Kabupaten Agam Retmiwati. 

Dalam arahannya, bupati mengatakan, Pemkab Agam mendukung penuh kegiatan ini dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan kesejahteraan keluarga. 

Menurutnya, TP-PKK dan jajarannya telah mampu mengembangkan potensinya sehingga mampu membangun kerjasama dengan SKPD terkait dan berinovasi guna menjangkau seluruh keluarga dan masyarakat. "Hal itu dibuktikan dengan prestasi luar biasa yang telah diraih PKK dibeberapa tahun terakhir," katanya. 

Terkait hal itu, bupati juga meminta kepada para kader-kader Posyandu dan PKK untuk bersinergi bersama masyarakat untuk mengaktifkan kembali Posyandu yang telah lama tidak aktif dengan memberdayakan para kader Posyandu. 

Termasuk kepada seluruh camat, walinagari dan pemangku kepentingan terkait seperti Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta tokoh masyarakat untuk dapat bersinergi dalam menyukseskan kegiatan program KB, sehingga masyarakat dapat mengetahui dan memahami tujuan, serta keuntungan yang diperoleh dari program KB tersebut. 

"Saya menaruh harapan besar kepada tim Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan untuk memberikan penjelasan kepada keluarga dan masyarkat akan pentingnya program KB dan kesehatan ini, agar masalah kesehatan dan kemiskinan bisa teratasi secara bertahap," jelas bupati. 

Sebelum itu, Ketua TP-PKK Agam Ny. Vita Indra Catri, mengatakan momentum kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan yang merupakan agenda tahunan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan menggelorakan semangat para kader PKK agar terus giat melaksanakan tugas dan fungsinya dalam memberdayakan dan mensejahterakan keluarga. 

"Dengan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, kita wujudkan kinerja PKK melalui penguatan Dasawisma," katanya. 

Menurutnya, tema tersebut mengandung makna bahwa TP-PKK Agam berupaya menjadi organisasi yang mandiri dan mengajak keluarga-keluarga menjadi keluarga yang sehat sejahtera dan mandiri.

"Keluarga harus mampu mengembangkan potensinya, karena keluarga merupakan lahan utama dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas sebagai generasi masa depan bangsa," jelasnya.  

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan MoU antara Dinas Kesehatan Kabupaten Agam dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kabupaten Agam, dalam rangka pemenuhan pelayanan kesehatan gigi di Posyandu.(mc agam/toeb)