BPJS Ketenagakerjaan-IPB Kerja Sama Kembangkan Jaminan Sosial

:


Oleh H. A. Azwar, Jumat, 28 Oktober 2016 | 03:37 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 893


Bogor, InfoPublik - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menjalin kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) guna bersama-sama mencari solusi untuk lebih meningkatkan operasional dan layanan serta perkembangan jaminan sosial ketenagakerjaan ke depan.

Jalinan kerja sama tersebut dengan ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto bersama dengan Rektor IPB Herry Suhardiyanto, terkait tiga hal yaitu penelitan, pendidikan dan pengabdian masyarakat.

Kerja sama dalam bidang penelitian dilakukan BPJS Ketenagakerjaan dengan IPB untuk melakukan riset bersama terkait di bidang jaminan sosial khususnya terkait aktuaria. Saat ini riset di bidang aktuaria sangat penting dalam rangka memberikan dasar pengambilan kebijakan BPJS Ketenagakerjaan terkait suistanability kecukupan dana bagi BPJS Ketenagakerjaan terutama program jaminan pensiun (JP).

Dengan jumlah penduduk produktif yang cukup besar karena faktor bonus demografi, formulasi aktuaria untuk JP membutuhkan perhitungan yang matang, untuk menghindari kebangkrutan seperti terjadi di negara-negara lain.

Dalam bidang pendidikan dilakukan dengan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia BPJS Ketenagakerjaan akan bekerjasama dalam mendidik karyawan dan calon karyawan yang direkrut secara khusus dalam pendidikan aktuaris dan tidak menutup kemungkinan untuk program bisnis dan manajemen.

Sementara dalam hal pengabdian masyarakat, kerja sama yang dilakukan terkait dengan sosialisasi program dan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan bagi mahasiswa IPB selama masa program IPB Goes to Field.  Dengan pembekalan materi program dan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan, para mahasiswa program IPB Goes to Field dapat menyampaikan informasi terkait jaminan sosial ketenagakerjaan di lingkungan tempat mereka melaksanakan program itu.

“Mahasiswa yang nantinya juga merupakan calon pekerja, sangat perlu untuk diberikan bekal pemahaman mengenai jaminan sosial agar ke depan mereka mengetahui arti penting dan hak mereka dalam perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Selain itu juga mereka dapat menjadi ambassador BPJS Ketenagakerjaan, seperti yang sudah kami lakukan, agar masyarakat di sekitar mereka mendapatkan informasi akan pentingnya program perlindungan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan,” ungkap Agus.

Dalam kesempatan tersebut, Agus Susanto didampingi Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan, Naufal Mahfudz yang juga alumni IPB. “Dengan melakukan kerja sama dalam beberapa hal tersebut, perlindungan BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat pekerja akan lebih optimal serta akan berpengaruh dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaannya di lapangan,” tukas Agus.