Sekprov Minta BKD Hadirkan Wirausahawan Sukses

:


Oleh MC Kalimantan Timur, Kamis, 27 Oktober 2016 | 13:08 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 256


Samarinda, InfoPublik – Sekprov Kaltim, Rusmadi meminta Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim menghadirkan wirausahawan sukses, khususnya dari kalangan PNS purna tugas pada program seminar dan konseling bagi PNS pra purna tugas. Mereka diharap memberikan pembekalan bagi PNS pra purna tugas berdasarkan pengalaman yang sudah dijalani.

“Kepala BKD diminta memanfaatkan. Tampilkan pensiunan PNS untuk cerita sebagai inspirasi untuk menjadi sukses saat purna tugas,” seru Rusmadi saat evaluasi seminar dan konseling 2014-2016 bagi PNS pra purna tugas di lingkungan Provinsi Kaltim, di Aula Kantor BKD Kaltim, Rabu (26/10).

Pengawalan sukses saat purna tugas dimaksud diharap menjadi inspirasi PNS lain yang bersiap memasuki purna tugas. Utamanya bagaimana kiat mengawali usaha, mengakses pinjaman, hingga mengembangkan usahanya.

Kondisinya tidak semua PNS siap lahir batin memasuki masa purna tugas. Karenanya perlu persiapan faktor psikologis, kesehatan, serta ekonomi. “Pemprov menyiapkannya sejak empat tahun. Kalau serius dilakukan, purna tugas mempersiapkan diri dengan baik diyakini akan sukses. Apalagi pemprov punya Bankaltim yang bisa mempermudah akses permodalan,” sebutnya.

Itu sebabnya, Rusmadi menilai penting kegiatan seminar dan konseling yang diberikan selama empat tahun dengan tenggat pertemuan setiap tiga bulan. Setidaknya saat purna tugas harus siap psikologis, kesehatan, dan ekonomi.

“Tiga hal itu harus siap. Apalagi kenyataannya kondisi kesiapan PNS beragam. Ada yang dari awal sudah punya usaha dan ada yang belum apa-apa. Makanya penting tugas pendampingan ini agar siap lahir batin.” tegasnya.(diskominfo kaltim/arf/eyv)