Pengelola Koperasi Perlu Menguasai Operasional Pengelolaan Koperasi

:


Oleh MC Kabupaten Kuningan, Kamis, 27 Oktober 2016 | 08:09 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Kuningan, InfoPublik – Sebanyak 100 orang pengelola koperasi dari 100 koperasi, yang tersebar di Kabupaten Kuningan, mengikuti kegiatan pembinaan dan pengawasan koperasi program peningkatan kualitas kelembagaan koperasi tahun 2016.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dari 24-25 Oktober di Hotel Ayong Kuningan tersebut, diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan akuntansi, pengawasan dan manajemen koperasi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kuningan Ir. H. Dodi Nurochmatuddin, MP mengatakan, pengelola koperasi perlu menguasai pengetahuan dan keterampilan pengelolaan koperasi yang meliputi berbagai aspek.

Aspek-aspek yang perlu dikuasai itu antara lain aspek kebijakan pemberdayaan koperasi dan UKM di Kabupaten Kuningan, aspek akuntansi koperasi, aspek manajemen pengawasan koperasi, aspek manajemen sistem pengendalian internal koperasi,  dan aspek revitalisasi koperasi.

Menurutnya, untuk bisa berjalannya sebuah organisasi dengan baik dalan hal ini koperasi, perlu adanya unsur POAC, yakni unsur perencanaan, organisasi, acounting dan controling. “Tidak sedikit organisasi yang hancur, karena tidak memiliki empat unsur ini,” kata Dodi.

Lanjut Dodi, untuk dapat memajukan koperasi perlu anggaran yang memadai, sementara alokasi anggaran yang ada baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten relatif kecil. Sehingga kondisi ini sangat sulit untuk mewujudkan koperasi sebagai soko guru perekonomian.

Sementara ketua panitia pelaksana teknis kegiatan, Dadi Suhardi, SE dalam laporannya mengungkapkan, materi yang disampaikan meliputi kebijakan Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam pengenbangan UKM, akuntansi koperasi, manajemen pengawasan perkoperasian, manajemen perkoperasian, manajemen sistem pengendalian internal koperasi dan revitalisasi koperasi. 

Sedangkan pemateri terdiri dari Ir. H. Dodi Nurochmatuddin, MP Kepala Dinas Koperasi UKM, Drs. Triguna, M.Si, Drs. Shofwan Azhar serta Deni Sukriandani, SH Kabid Kelembagaan Koperasi, dan Enjang Taryana Kasi Badan Usaha Koperasi. (mckuningan/dink s Arizona/toeb)