Komunitas Masyarakat Tionghoa Dukung Acara Kado Warga Untuk KBS

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Rabu, 26 Oktober 2016 | 09:42 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 491


Surabaya, Info Publik - Paguyuban Masyarakat Tionghoa yang membawahi sekitar 19 yayasan seperti PITI, Yayasan Abdi Husada Utama, Prosam Pasar Atom dan Yayasan Adi Yasa memberi dukungan rencana warga Surabaya yang menyelenggarakan Kado Warga Untuk Kebun Binatang Surabaya (KBS) sebagai rangkaian 100 tahun KBS.

Bagi warga Surabaya, KBS atau kerap disebut bonbin adalah salah satu icon kota Surabaya yang harus dipertahankan dan dilestarikan. Walau dalam perjalanan usia yang kini mencapai 100 tahun tak lepas dari berbagai konflik internal dan eksternal, KBS harus terus tumbuh dan maju.

"Kami prihatin dengan kondisi bonbin yang kerap didera konflik. Kota sebesar Surabaya wajib memiliki bonbin yang termasuk paling luas di Asia," papar U Yen, Ketua Paguyuban Masyarakat Tionghoa, Sabtu (22/10/2016).

Pihaknya mendukung langkah Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan (KJPL) bersama beberapa elemen masyarakat seperti Surabaya Punya Cerita, Turun Tangan Surabaya, Surabaya Tempo Dulu, Rumah Belajar Pandawa memberi kado untuk KBS menyambut Abad ke dua mendapat banyak dukungan.

U Yen dan kawan-kawan tak mau ikut campur konflik yang ada. Pihaknya mendorong Pemkot Surabaya untuk melakukan revitalisasi KBS. Baik dari segi manajemen maupun sarana dan prasarana.

"Untuk itu pihaknya mendukung sepenuhnya kegiatan Kado Warga Untuk KBS yang terdiri dari Pameran Foto, peluncuran buku serta pameran konsep KBS ke depan dengan menggelontorkan sejumlah dana.

"KBS kedepan harus lebih bersih dan bebas bau. Jangan sampe pengunjung terganggu dengan bau dari para hewan itu akibat kebersihan kandangnya kurang terjaga,"ujarnya.

Paguyuban Masyarakat Tionghoa bergerak di bidang sosial tanpa memandang latar belakang ataupun agama. Berbagai kegiatan sosial seperti operasi katarak telah digelar. Kedepan, pada tanggal  21 November, mereka akan menggelar operasi katarak gratis bagi 300 warga tak mampu di RS Kodam V Brawijaya.

Rangkaian kegiatan Kado Warga Untuk KBS tersebut akan di gelar di Grand City pada tanggal 14-20 November. Selain pameran foto dan peluncuran buku, beragam aktivitas menarik akan digelar guna memuaskan warga pecinta KBS. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-jal/eyv)