Bupati Agam Minta Bamus Bekerja Lebih Proporsional dan Profesional

:


Oleh MC Kab Agam, Selasa, 25 Oktober 2016 | 18:56 WIB - Redaktur: Tobari - 605


Agam, InfoPublik - Bupati Agam Indra Catri meminta Badan Musyawarah (Bamus) nagari untuk bekerja lebih proporsional dan profesional dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai lembaga pengawasan dan penyerap aspirasi masyarakat.

"Dalam melaksanakan fungsi pemerintahan, tentunya seorang Bamus diharapkan mengetahui dan mampu melihat potensi maupun kelemahan nagari serta mampu mengubah kelemahan tersebut menjadi sebuah peluang," tegas bupati saat membuka Rakor antara Pemerintah Kabupaten Agam dengan Bamus Nagari se-Agam, Selasa (25/10) di aula kantor bupati setempat.

Menurut bupati, tentunya hal itu tidak bisa dilaksanakan oleh Bamus dengan sendirinya. Dalam penyelenggaraan pemerintahan nagari, Bamus dan Walinagari tidak bisa dipisahkan satu sama lain. 

Hal ini dimaksudkan bupati, bahwa dalam menjalankan roda pemerintahan di nagari, kedua unsur ini sama-sama harus bisa memainkan perannya dan bekerjasama demi kelancaran kegiatan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan.

Bupati menambahkan, Bamus sebagai penyelenggara pemerintahan terdepan, yang memiliki fungsi sebagai lembaga legislatif di nagari, dituntut untuk mampu melahirkan kebijakan yang berpihak kepada masyarakat yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

"Saya berharap terus jaga dan jalin komunikasi secara intens baik ditingkat kabupaten, kecamatan maupun nagari agar terbangunnya sinergisitas dalam pelaksanaan program pemerintah yang dibuat," pinta bupati. (mc agam/toeb)