Abrasi Sungai Saddang Kikis Jalan Poros Enrekang Kota

:


Oleh Admin MC Enrekang, Selasa, 25 Oktober 2016 | 14:48 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Enrekang, InfoPublik - Curah hujan tinggi yang mengguyur Kabupaten Enrekang sejak sepekan ini, mengakibatkan ruas jalan penghubungan Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Toraja ambruk pada titik yang berada pada bantaran Sungai Saddang, Senin (24/10).

Peristiwa ini dianggap sebagai dampak abrasi bantaran Sungai Saddang yang terkikis aliran air yang cukup deras di sepanjang 15 meter sejak pukul 09.00 Wita, Minggu (23/10) malam.

"Debit air besar dan deras. Tiba-tiba saja badan jalan runtuh. Untunglah tidak sampai mengenai warung-warung yang memang dekat dengan lokasi abrasi. Memang deras hujan semalam," ujar Imran, salah satu pemilik warung.

Lokasi runtuhnya ruas jalan itu berada di kawasan wisata kuliner Swiss. Satuan Lalu Lintas Polres Enrekang sudah memasang garis polisi sebagai peringatan kepada pengendara yang melewati lokasi tersebut. Apalagi dikhawatirkan abrasi susulan masih bisa saja terjadi," ujar Kanit BKO Satlantas Iptu Sudirman.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Enrekang Benny Mansyur mengungkapkan, pihaknya beserta jajaran masih terus bersiaga terhadap ancaman meluapnya air sungai Saddang dan Sungai Mata Allo yang membelah kota Enrekang.

"Posko induk siap 24 jam mengantisipasi terjadinya bencana akibat curah hujan," ungkap Benny Mansyur.(McEnrekang/toeb).