Mendagri Tjahjo Kumolo Diterima Tokoh Adat Ngilngof

:


Oleh MC Kabupaten Maluku Tenggara, Selasa, 25 Oktober 2016 | 10:13 WIB - Redaktur: Tobari - 915


Langgur, InfoPublik - Masyarakat adat Desa Ngilngof, Kabupaten Maluku Tenggara, menyambut baik kehadiran Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang tiba di Pantai Wisata Ngur Bload/Pasir Panjang Ohoi Ngilngof, dan diterima melalui ritual adat rinin, Sabtu (22/10).

Rinin ini dipimpin langsung Kepala Ohoi Herman Tethool dan Badan Saniri Ohoi (BSO) bersama masyarakat Ngilngof saat puncak kegiatan Festival Pesona Meti Kei (FPMK) di Ngurbloat. Aksi ini merupakan suatu kebiasaan untuk menghargai tamu atau orang yang baru pernah menginjakan kaki di negeri kepulauan Kei.

Mendagri mendapat rinin berupa pemasangan gelang mas adat dan penyiraman air kelapa muda sebagai tanda ikatan kekeluargaan, sekaligus melalui rinin ada ucapan doa adat agar Mendagri mendapat rahmat dan perlindungan dari Tuhan dan Leluhur Kei baik selama  berada di Kepulauan Kei hingga di tempat tugas.

Demikian disampaikan Sidex Fofid Pemuda Desa Ngilngof di sela-sela penyambutan Mendagri di Ohoi Ngilngof. Menurutnya,  renin adalah prosesi adat penerimaan tamu atau atau orang luar saat masuk kampung/ohoi khusunya untuk Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo merupakan puncak kegiatan FPMK di Ngurbloat.

Fofid mengatakan bahwa Ohoi/Desa Ngilngof memiliki potensi wisata selain Ngurbloat, juga ada Pulau Ohoiew serta danau dan beberapa lokasi wisata religius lainnya, sehingga selalu menjadi tempat yang dikunjungi, dan atas kepercayaan Pemda untuk melaksanakan puncak Pelaksanaan Festival Pesona Meti Kei.

Pelaksanaan FPMK yang pertama ini menjadi suatu kehormatan dan kebahagiaan sebagai anak negeri, dan untuk membangun daerah ini Ohoi Ngilngof selalu berbuka diri dalam mendukung semua program yang membangun Indonesia dan Maluku serta Maluku Tenggara khususnya. (MC Malra/semuel/toeb)