Kemhub Ingatkan Keselamatan Jalan Tanggung Jawab Bersama

:


Oleh Dian Thenniarti, Senin, 24 Oktober 2016 | 19:33 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 1K


 
Jakarta, InfoPublik – Sebagai regulator moda transportasi, Kementerian Perhubungan memiliki peran strategis dalam membangun kesadaran dan kepedulian seluruh pihak di Indonesia dalam menciptakan keselamatan berlalulintas di jalan.

"Berawal dari seruan PBB dalam resolusi NO.A/Res/64/255 tentang Improving Global Road Safety, Indonesia telah berkomitmen melaksanakan Pekan Nasional Keselamatan Jalan sejak tahun 2007. Seiring komitmen tersebut, kami kembali mengelar Pekan Keselamatan Nasional Tahun 2016," ujar Sekretaris Ditjen Perhubungan Darat, Hindro Surahmat di Jakarta, Senin (24/10).

Menurut Hindro Surahmat, kegiatan ini didedikasikan sebagai bentuk kampanye untuk meningkatkan kesadaran publik tentang permasalahan keselamatan lalu lintas jalan. "Pada tahun 2013 Pemerintah telah mengeluarkan Inpres Nomor 4 tahun 2013 tentang Dekade Aksi Keselamatan Jalan yang menjadi payung hukum gerakan kampanye keselamatan lalu lintas jalan di Indonesia."

Lebih lanjut dia menjabarkan, beberapa langkah nyata yang telah dilaksanakan terkait permasalahan keselamatan diantaranya, menyelenggarakan program pembangunan ZoSS (Zona Selamat Sekolah), program RASS (Rute Aman Selamat Sekolah), dan program LRK (Lokasi Rawan Kecelakaan).

Termasuk Pekan Keselamatan Jalan yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Dan tahun 2016 ini Pekan Keselamatan Jalan akan berlangsung mulai 24 Oktober hingga 30 Oktober 2016.

"Melihat fakta masih tingginya angka kecelakaan di jalan, sudah selayaknya semua stakeholder menunjukkan kepedulian terhadap permasalahan keselamatan lalu lintas jalan di Indonesia. Untuk itu Pekan Keselamatan Jalan Nasional 2016 yang diselenggarakan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mengambil tema KESELAMATAN JALAN TANGGUNG JAWAB KITA BERSAMA," ujarnya.

Untuk diketahui, tema tersebut tidak hanya menjadi tema kampanye di Indonesia, namun sudah menjadi isu keselamatan lalu lintas jalan yang mendunia dan dikampanyekan pula oleh dunia internasional yang didukung resmi oleh PBB/WHO seiring dengan perhatian dunia internasional terhadap permasalahan keselamatan jalan. Gerakan peduli terhadap keselamatan lalu lintas jalan ini dalam lingkup internasional sering dikenal sebagai Global Road Safety Partnership (GRSP).