Setiap Langkah Tarian Jepin Tersirat Pesan Didalamnya

:


Oleh MC Kota Singkawang, Sabtu, 22 Oktober 2016 | 05:51 WIB - Redaktur: Tobari - 523


Singkawang, InfoPublik - Tari Jepin mungkin sudah familiar di telinga banyak orang, meskipun tidak semua orang tahu dan mengerti bagaimana gerak dalam tari tradisional ini. Penanggung jawab tangkai Tari Jepin Tradisional FSBM XI Johari Pion mengatakan, Jepin memiliki karakter kuat dengan masyarakat Melayu.

Untuk di Kalbar, bisa dilihat dari setiap langkah. Dimana setiap langkah itu memiliki nama. "Setiap daerah beda namanya. Ada langkah surung dayung, ada juga langkah simpul pakis di daerah Putussibau," kata Johari kepada MC Singkawang, Jum’at (21/10).

Jika dihitung, jumlah langkah dalam tari Jepin berbeda. Ada daerah yang mempunyai belasan langkah. Untuk gerak secara keseluruhan, Johari meyakini, ada ribuan gerak dalam tari Jepin dengan nama masing masing. Untuk properti yang digunakan juga beragam. Di masa lalu, menggunakan properti sederhana.

"Seperti Mempawah gunakan rotan, namanya Jepin rotan. Kemudian ada yang memakai Tembung, dikatakan Jepin Tembung," ungkap Johari.

Alat musik yang digunakan tak jauh dari alat musik khas Melayu seperti, gambus, biola, rampak, ketipung panjang, dan alat musik lainnya. Saat tampil, terkadang memakai penyair dan ada juga yang tidak. (MC/HR/toeb)