Dispenda Padang Gelar Pemilihan Duta Pajak 2016

:


Oleh MC Kota Padang, Jumat, 21 Oktober 2016 | 06:40 WIB - Redaktur: Tobari - 598


Padang, InfoPublik – Pemerintah Kota Padang, melalui Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda), kembali menggelar Pemilihan “Duta Pajak Kota Padang”  2016. Pemenangnya akan diumumkan pada Kamis (27/10) nanti  di Hotel Kyriad Bumi Minang.

Disampaikan Kepala Dispenda Adib Alfikri, pemilihan duta pajak ini merupakan salah satu kegiatan untuk memberikan apresiasi kepada pelaku usaha atau wajib pajak atas perannya dalam ikut berkontribusi bagi pembangunan Kota Padang.

Sebagaimana tujuan utama pemilihan tersebut, bagaimana mengubah pola pikir masyarakat menjadi satu tekad untuk sadar dan taat membayar pajak.

Pemilihan kali ini adalah tahun ke empat. Dimana bagi duta pajak yang terpilih diharapkan bisa berperan aktif dengan ikut menyosialisasikan pajak daerah di kalangan masyarakat.

“Kemudian di samping itu, ajang ini juga diharapkan memberikan motivasi bagi pelaku usaha lainnya untuk lebih menyadari pentingnya pajak daerah bagi pembangunan kota ini,” terang Adib sewaktu menggelar jumpa pers di ruang kerjanya, Kamis (20/10).

Selanjutnya, kata Adib, adapun peserta pemilihan duta pajak tersebut adalah para pelaku usaha yang bergerak dalam empat sektor pajak daerah, yaitu kategori wajib pajak hotel, restoran, reklame dan hiburan. Sementara untuk kriteria penilaiannya antara lain, persentase jumlah pajak daerah yang disetorkan.

Lalu ketaatan memberikan laporan pajak tiap bulan, memiliki catatan yang baik seperti tidak pernah mendapat teguran dan sanksi serta bersikap kooperatif dengan Dispenda.

Selanjutnya yakni, bagi duta pajak yang memiliki komitmen bersama Dispenda dalam menyukseskan sosialisasi pajak dan kegiatan lainnya. Kemudian dari segi komunikatif dan pengalaman berorganisasi.

Pada tahapan penilaian, beberapa wajib pajak yang memenuhi kriteria dari Dispenda akan diberikan surat beserta beberapa pertanyaan yang bertujuan menggali pandangan dan komitmen wajib pajak. Setelah itu akan diadakan audiensi antar tim penilai dengan wajib pajak yang telah memenuhi persyaratan.

“Sehingga setiap kategori akan diumumkan sebanyak 5 nominasi duta pajak 2016 dengan dipilih satu sebagai duta pajak 2016,” kata Adib didampingi Kabid Penagihan dan Pengawasan Firdaus, Kabid Pendataan dan Penetapan Budi Payan dan Kasi Bina Wajib Pajak dan Wajib Retribusi, Ade Hendrama. (MC Padang/Irwan Rais/David/Bustam/toeb)