Harga Cabe Merah Di Kabupaten Agam Mulai Memedas

:


Oleh MC Kab Agam, Rabu, 19 Oktober 2016 | 08:57 WIB - Redaktur: Tobari - 455


Agam, InfoPublik - Harga cabe merah di sejumlah pasar di Kabupaten Agam mengalami kenaikan dari biasanya. Hal ini diduga akibat tidak masuknya pasokan cabe dari luar daerah dan tidak optimalnya hasil panen petani cabe di daerah itu. 

Dari pantauan MC  Agam, ke sejumlah pedagang di Pasar Padang Baru Lubuk Basung, Kamis (13/10), harga cabe Rp70.000 hingga Rp80.000 per Kg dari sebelumnya Rp40.000 hingga Rp60.000 per Kg. Sementara di Pasar Terminal Antokan, pedagang menetapkan harga jual cabe merah Rp80.000 per Kg. 

Menurut Sekretaris Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (Dipertahornak) Kabupaten Agam Arief Restu, harga jual cabe di Agam sangat ditentukan oleh kondisi pasokan dari luar, seperti Sumatera Utara, Lampung, dan Pulau Jawa. 

Saat ini, pasokan tersebut sangat kurang. Mungkin karena faktor cuaca yang menyebabkan hasil panen cabe tidak optimal. “Kondisi ini diperparah dengan kurang optimalnya hasil panen cabe petani di Agam, seiring dengan cuaca ekstrim akhir-akhir ini,” ujarnya. 

Namun ibu rumah tangga di Agam yang telah memanfaatkan pekarangan untuk menanam sayur dan bumbu dapur, tidak akan begitu terpengaruh dengan naiknya harga cabe ini. 

“Pemanfaatan lahan pekarangan merupakan salah satu poin penting dari Program Agam Menyemai yang manfaatnya sangat dirasakan sekali,"  ujar Arif. 

Seperti diketahui, warga Agam sangat membutuhkan cabe dalam kebutuhan masak. Makan mereka tidak akan terasa enak, bila tidak ada cabe. 

“Tanpa cabe, makan kami sekeluarga tidak akan enak. Setidaknya, kami membutuhkan sekilo cabe dalam sepekan,” kata Tika (30), ketika ditemui di Pasar Padang Baru Lubuk Basung, Kamis (13/10).(mc agam/toeb)