Sosialisasi Mengenai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan SDGS Kota Metro

:


Oleh MC Kota Metro Lampung, Selasa, 18 Oktober 2016 | 19:39 WIB - Redaktur: Tobari - 546


Metro, InfoPublik - Pemerintah Kota Metro menggelar sosialisasi mengenai tujuan pembangunan berkelanjutan Sustainable Development Goals (SDGs) Kota Metro, yang berlangsung di OR Setda Kota Metro, Selasa (18/10).

Turut hadir dalam kegiatan, Asisten II Bidang Perekonomian Dan Pembangunan Kota Metro Khaidarmansyah, Perwakilan Bappeda Provinsi Lampung Fitrianita Damhuri, Kepala Satker di Lingkungan Pemkot Metro, Kepala BPS Kota Metro Taulina Anggraini, dan Tim Teknis Kota Metro.

SDGs merupakan agenda pembangunan pasca-2015, yang sebelumnya adalah agenda Millenium Development Goals (MDGs) dan merupakan agenda pembangunan global, dengan memuat 8 tujuan pembangunan yang telah berakhir pada tahun 2015 lalu.

SDGs diperlukan untuk mengakomodasikan seluruh perubahan yang terjadi pasca-2015, terutama yang berkaitan dengan perubahan situasi dunia sejak tahun 2000.

Dalam sambutan Walikota Metro, yang disampaikan oleh Asisten II Khaidharmansyah, mengatakan, Sustainable Development Goals merupakan kesepakatan pembangunan baru yang mendorong perubahan-perubahan, yang bergeser ke arah pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan untuk mendorong pembangunan sosial, ekonomi di lingkungan hidup.

“Dengan melalui sosialisasi tersebut diharapkan, dapat menjadi dasar pemikiran dalam menyusun rencana aksi daerah dan meningkatkan pembangunan di Kota Metro,” harapnya.

Perwakilan Bappeda Provinsi Lampung dalam presentasinya menjelaskan, capaian indikator MDGs Kota Metro memiliki 8 tujuan MDGs di antaranya, menanggulangi kemiskinan dan kelaparan, mencapai pendidikan dasar untuk semua, mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, menurunkan kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu.

Serta, mengendalikan/memerangi HIV AIDS dan malaria atau penyakit menular lainnya, selain menjamin kelestarian lingkungan hidup, dan mengembangkan kemitraan pembangunan di tingkat global. (MC Metro/toeb)