Wagub Jatim Buka Pertinas Saka Bakti Husada V/2016

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Selasa, 18 Oktober 2016 | 09:15 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 367


Blitar, Info Publik - Wakil Gubernur Jawa Timur, H Saifullah Yusuf membuka Perkemahan Tingkat Nasional (Pertinas) V Saka Bakti Husada Tahun 2016 yang digelar 17 -23 Oktober 2016 di Bumi Perkemahan Serut Kabupaten Blitar.

Dalam sambutannya Wagub Jatim menyatakan sangat bangga dan berterimakasih Jatim dipercaya menjadi tuan rumah acara nasional. "Semoga dengan acara ini Pramuka Jatim semakin maju dan berkembang," kata Wagub yang biasa disapa Gus Ipul ini.

Dikatakannya, perkemahan ini bisa dijadikan salah satu ajang untuk mempersiapkan calon pemimpin Indonesia, yang sesuai karakter bangsa Indonesia. "Pada kegiatan ini peserta diajarkan menjadi manusia yang siap dalam segala hal-hal serta tangkas menghadapi Segala tentangan," tutur Gus Ipul.

Kesiapan yang ditunjukkan anggota Pramuka inilah yang dapat memajukan Indonesia menjadi bangsa yang kuat. Gus Ipul berpesan anggota Pramuka tingkatkan kedisiplinan disegala bidang, karena bangsa maju adalah bangsa yang menghargai bangsa, cinta negara, lingkungan, kelurga, dan agama. "Kita semua Ingin Indonesia maju, berkembang, dan dicintai rakyatnya," kata Gus Ipul.

Lebih lanjut dikatakannya, di era sekarang masyarakat harus maupun bersaing. Karena itu, keunggulan atau potensi yang dimiliki harus ditonjolkan berlandaskan kearifan lokal. "Melalui perkemahan ini akan diajarkan semua hal-hal termasuk menghargai kesehatan, untuk  meningkatkan promotif dan preaventif bidang kesehatan masyarakat," imbuh Gus Ipul

Pada momen kali ini tidak lupa Gus Ipul berpesan Pramuka harus menjadi ujung tombak pemberantasan narkoba termasuk membentengi diri dari prornografi guna mencegah tindak kriminalitas di masyarakat

Bupati Blitar, H Rijanto menuturkan, Bumi Perkemahan Serut dengan luas sekitar 25 hektare memang sangat potensial digunakan sebagai lokasi perkemahan.  Lokasinya terletak di area Bendungan Serut yang dikelola oleh PT Pembangkit Jawa Bali, Perum Jasa Tirta dan Perum Perhutani.

Bumi Perkemahan Serut juga masuk dalam 3 wilayah kecamatan yakni Kecamatan Kanigoro, Kecamatan Sutojayan dan Kecamatan Kademangan. Sarana dan prasarana di lokasi tersebut antara lain adanya lapangan utama dan sarana penunjang kegiatan perkemahan, instlasi air dan listrik, sarana MCK sekitar 200 unit, lahan untuk pameran atau anjungan provinsi serta pasar rakyat.

Selain itu juga terdapat taman wisata, home stay (rumah penduduk) di sekitar bumi perkemahan, dan terdapat banyak hotel, penginapan tepatnya di Kota Blitar yang jaraknya hanya sekitar 5 kilometer dari lokasi perkemahan atau sekitar 15 menit perjalanan dari Bumi Perkemahan Serut.

Untuk diketahui, kegiatan yang akan berlangsung selama tujuh hari ini diikuti sekitar 2500 peserta dari seluruh Indonesia. Dalam kegiatan Pertinas V Saka Bakti Husada tersebut juga akan digelar pasar rakyat. Ini bertujuan untuk mengakomodir masyarakat yang ingin berjualan di sekitar lokasi serta sebagai sarana untuk mempromosikan produk unggulan Kabupaten Blitar.(MC Diskominfo Prov Jatim/non-hjr/eyv)